Dark/Light Mode

Ini 5 Menteri Terbaik Jokowi Versi Netizen Di Penghujung 2022, Erick Thohir Nomor 1

Kamis, 12 Januari 2023 12:44 WIB
Erick Thohir. (Foto: Ist)
Erick Thohir. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Ada juga momen saat Risma menyalurkan 50 ton beras untuk korban gempa Cianjur dan anak-anak yatim piatu yang kehilangan orangtua akibat gempa.

Mensos Risma juga dianggap warga Surabaya telah membawa perubahan signifikan terhadap wilayahnya, terutama terhadap isu kebersihan dan kesenjangan sosial.

Hal lain dari Risma yang mendapat sentimen positif adalah bantuan Kementerian Sosial untuk mengatasi masalah sosial di Pesisir Cilincing Jakarta Utara telah menunjukkan kemajuan.

Ditambah lagi, Mensos Risma membuka layanan operasi katarak untuk lansia dan anak-anak guna mencegah kebutaan.

"Mensos Risma menggelar doa bersama untuk keselamatan bangsa. Doa bersama dilaksanakan dengan khidmat, secara fisik dan virtual di Gedung Aneka Bhakti (GAB) Kemensos di jakarta," tulis riset tersebut.

Hadi Tjahjanto

Di posisi ketiga, ada Menteri Agraria dan tata Ruang, hadi Tjahjanto. Pembantu anyar Presiden Jokowi ini meraih skor EEMS sebesar 1,82 persen. Total percakapan Menteri hadi mencapai 4.423.

Baca juga : NasDem Pantang Tiru Langkah PAN

Ada beberapa isu yang banyak dibicarakan publik terkait Menteri ATR Hadi Tjahjanto. Di antaranya saat dia mendampingi Presiden Jokowi saat meresmikan Bendungan Sadawarna di Kabupaten Subang dan Sumedang untuk mendukung ketahanan pangan dan pengendalian banjir di Provinsi Jawa Barat.

Juga, saat kunjungan kerja ke Kalimantan Selatan, Menteri ATR meresmikan gedung kantor baru dan menyampaikan tiga arahan tentang mafia tanah.

Kemudian, saat Menteri ATR Hadi Tjahjanto melakukan kunjungan kerja ke Kantor Pertanahan Kabupaten Tanah Laut untuk meninjau langsung loket layanan pertanahan serta fasilitas pendukung yang ada di kantor tersebut.

Terakhir, ada isu saat Menteri ATR Hadi Tjahjanto menyerahkan sertifikat hasil Konsolidasi Tanah secara langsung ke 10 rumah perwakilan masyarakat di Desa Penawangan, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Budi Gunadi Sadikin 

Posisi selanjutnya, atau keempat, diduduki Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Berkat ramai diperbincangkan, Menkes Budi Gunadi mendapatkan skor EMSS sebesar 1,39 persen. Total percakapan mencapai 6.284.

Top isu yang dibicarakan di antaranya, upaya Menteri Kesehatan dalam memenuhi kebutuhan dokter spesialis di setiap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

Baca juga : 3 Menteri Jokowi Paling Bersinar: Prabowo, Erick, Sandi

Kemudian, saat Menkes Budi Gunadi berupaya menggencarkan program pencegahan HIV-AIDS pada perempuan, anak, dan remaja.

Lalu, Menkes Budi Gunadi juga mendukung gerakan Jawa Barat Stunting Summit, kegiatan kolaborasi antar lembaga, yaitu Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bersama dengan Kementerian Kesehatan serta Kementerian Dalam Negeri.

Top topik lainnya adalah saat Menkes Budi Gunadi mengatakan, Kemenkes melakukan intervensi kegiatan jantung di tiga rumah sakit, yaitu Rumah Sakit Strata Madya, Utama, dan Paripurna.

Lainnya, saat Menkes Budi Gunadi memastikan Indonesia telah melewati puncak kasus COVID-19 varian Omicron XBB. Terakhir, saat Menkes Budi Gunadi memastikan, vaksin Covid-19 pada tahun 2023 ini gratis.

Prabowo Subianto

Terakhir, ada Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dengan skor EMSS sebesar 1,34 persen. Perbincangan Prabowo paling tinggi mencapai 76.585.

Top isu yang dibicarakan di antaranya, Menhan Prabowo memberikan bantuan sosial berupa sembako serta sepeda motor untuk Koramil 0821/14 Pronojiwo, Lumajang guna percepatan distribusi bantuan Gunung Semeru.

Baca juga : Menteri Hadi: Kebijakan Jokowi Redistribusi Tanah Menguntungkan Rakyat

Kemudian, saat Menhan Prabowo mengunjungi korban gempa di Cianjur dan menyalurkan bantuan, lalu melakukan kunjungan kerja ke Koramil Rogojampi, Banyuwangi dan dan membagikan 20 unit motor ke Babinsa.

Kemudian, saat Menhan Prabowo meresmikan pesawat jet Dassault jenis Falcon 7X dan Falcon 8X buatan Prancis.

Prabowo Subianto dinilai menang telak jika dipasangkan dengan Erick Thohir atau Ganjar Pranowo dalam hasil survei lembaga SPIN.

Poin penting lain yang perlu diketahui, pemeringkatan menggunakan metode EMSS dapat dijadikan indikator capaian serta penerimaan atas kinerja institusi maupun pejabat publik.

"Tingginya EMSS Menteri BUMN Erick Thohir menunjukkan serangkaian capaian program kerja yang berhasil dituntaskan selama paruh tahun 2022 lalu. Selain itu, pemberitaan melalui media online dan sosialisasi media sosial menteri Erick Thohir yang beragam menunjukkan prestasi yang jauh melampaui portofolio kementerian," tulis hasil riset MediaWave ini.

Poin penting lain dari pengukuran ini memperlihatkan penerimaan dan apresiasi publik atas kinerja para pejabat publik. Kelima menteri memperoleh sentimen positif, di mana apresiasi netizen kepada Erick Thohir adalah yang tertinggi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.