Dark/Light Mode

Defend ID Diluncurkan

Jokowi Saksikan Penandatanganan Kerja Sama Erick Thohir- Prabowo

Rabu, 20 April 2022 15:00 WIB
Presiden Jokowi (kiri) saat menyaksikan kerja sama nota kesepahaman (MoU) antara Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) dengan Menteri Pertahanan Prabowo tentang komitmen meningkatkan nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) hingga 50 persen dalam peluncuran BUMN industri pertahanan, Defend ID. (Foto: Istimewa)
Presiden Jokowi (kiri) saat menyaksikan kerja sama nota kesepahaman (MoU) antara Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) dengan Menteri Pertahanan Prabowo tentang komitmen meningkatkan nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) hingga 50 persen dalam peluncuran BUMN industri pertahanan, Defend ID. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri BUMN Erick Thohir menyambut positif peluncuran holding BUMN industri pertahanan atau Defend ID oleh Presiden Jokowi di Jawa Timur, Rabu (20/4).

Erick menyebut, peluncuran Defend ID merupakan komitmen Presiden Jokowi dalam membangun kemandirian pertahanan nasional.

 

Baca juga : Bamsoet Bakal Luncurkan Buku Hakikat Manusia Pancasila Karya Yoseph Umarhadi

 

"Tentu, kita bersyukur atas peresmian holding BUMN industri pertahanan oleh Bapak Presiden. Kita harus menindaklanjuti arahan Presiden, agar Defend ID benar-benar menjadi penggerak dalam mewujudkan ketahanan pertahanan nasional," ujar Erick.

Erick mendorong PT Len Industri (Persero) sebagai induk holding, agar mampu mengorganisir transformasi anggota holding industri pertahanan. Demi mewujudkan tata kelola perusahaan yang baik atau good corporate governance. Serta membangun keselarasan antaranggota holding di sektor keuangan, pemasaran, operasional, hingga portofolio manajemen.

Baca juga : Jokowi Minta Pengusaha Muda Adaptif Dengan Situasi Tak Terduga

"Holding industri pertahanan harus mampu memperkuat ekosistem pertahanan nasional. Tak hanya dengan anggota holding, melainkan juga kerja sama dengan BUMN lain dan juga TNI," ucap Erick.

Erick meminta holding industri pertahanan yang beranggotakan PT Dirgantara Indonesia, PT PAL Indonesia, PT Pindad, dan PT Dahana, agar mulai menyiapkan langkah strategis.

Erick ingin, pembentukan holding mampu meminimalisir terjadinya tumpang tindih fokus bisnis masing-masing anggota holding.

Baca juga : Bursa Capres 2024, Pengamat: Warga NU Percaya Erick Thohir Pemimpin Jujur Dan Amanah

"Sebagai induk holding, Len memiliki peran besar dalam merealisasikan integrasi dengan tiga matra TNI, baik darat, laut, maupun udara," ungkap Erick.

Dalam kesempatan tersebut, Erick juga melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU dengan Menteri Pertahanan Prabowo tentang komitmen meningkatkan nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) hingga 50 persen.

"Komitmen TKDN ini menjadi keharusan bagi setiap anggota holding. Ini menjadi langkah konkret dalam membangun kemandirian industri pertahanan kita ke depan," tegas Erick. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.