Dark/Light Mode

Kinerja Baik, Elektabilitas Erick Semakin Naik

Jumat, 13 Januari 2023 17:02 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir menjadi rebutan masyarakat yang mau bersalaman, saat kunjungan ke daerah. (Foto: Instagram Erick)
Menteri BUMN Erick Thohir menjadi rebutan masyarakat yang mau bersalaman, saat kunjungan ke daerah. (Foto: Instagram Erick)

RM.id  Rakyat Merdeka - Analis politik dan Direktur Eksekutif Indonesia Political Power Ikhwan Arif melihat, tingkat keterpilihan alias elektabilitas Menteri BUMN Erick Thohir semakin naik sebagai kandidat calon wakil presiden (cawapres) untuk Pilpres 2024. Menurut Ikhwan, hal ini merupakan buah dari kinerja Erick yang baik dalam memimpin BUMN.

"Beliau mampu memaksimalkan posisinya sebagai Menteri BUMN,” tutur Ikhwan, Jumat (13/1).

Baca juga : Jaga Stabilitas Harga Sembako, Erick Thohir Lakukan Operasi Pasar

Ikhwan menerangkan, Erick mengalami lonjakan keterpilihan setelah capaian berbagai keberhasilan di BUMN. Tingkat elektabilitas eks Presiden Inter Milan ini bahkan mampu menyodok ke daftar teratas. Dalam survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia (IPI), Erick mampu meraih elektabilitas tinggi sebesar 19,6 persen sebagai kandidat cawapres.

Kemudian, berdasarkan monitoring yang dilakukan MediaWave selama periode 1-31 Desember 2022 terhadap analisis percakapan dan pemberitaan media sosial terkait para menteri, Erick menjadi menteri terbaik di Kabinet Indonesia Maju. 

Baca juga : Survei Voxpopuli: Elektabilitas Golkar Turun di Pergantian Tahun, PSI Naik

Menurut Ikhwan, raihan elektabilitas positif Erick ini tidak terlepas dari kinerja mentereng yang ditorehkan selama tiga tahun memimpin Kementerian BUMN. Sejumlah kebijakan yang diluncurkan dirasakan langsung masyarakat. “(Seperti) dengan pengelolaan program yang terasa langsung oleh publik,” ungkapnya.

Atas dasar itulah, lanjutnya, tidak mengherankan jika Erick menjadi figur yang banyak diinginkan masyarakat ikut dalam Pilpres 2024. “(Pencapaian Erick) memberikan keuntungan terhadap personal branding-nya," tandas Ikhwan.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.