Dark/Light Mode

Endorse Tiga Bakal Capres 2024

Pak Jokowi Sebenarnya Dukung Yang Mana Nih...

Senin, 16 Januari 2023 07:00 WIB
(Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/tom)
(Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/tom)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kode dukungan Presiden Jokowi un­tuk bakal calon presiden (Bacapres) Pemilu 2024 dilontarkan sesuai ciri-ciri Bacapres itu.

Misalnya, dukungan Jokowi kepada Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo dengan kode capres rambut putih. Kemudian, kepada Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto soal jatah 2024.

Teranyar, dukungan Jokowi kepada Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra.

Baca juga : Erupsi, Basarnas Evakuasi 164 Pendaki Dari Gunung Marapi

Rupanya, aksi endorse-endorse Jokowi bikin ngiri Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar. Mantan Menteri Tenaga Kerja itu ternyata ngebet di-endorse Jokowi se­bagaimana tokoh lain, sebagai Bacapres Pemilu 2024.

Ketua DPP Partai Nasdem, Effendy Choirie alias Gus Choi menilai dukungan Jokowi terlalu jelas menjurus ke­pada tokoh selain bakal calon presiden (bacapres) dari Partai NasDem, Anies Baswedan.

“Dulu dia (Jokowi) mengatakan di forum relawan calon presiden ada di ru­angan ini, di ruangan ini siapa waktu itu? Kan Ganjar. Setelah itu ada pernyataan dukung Prabowo, ‘giliran setelah saya adalah Prabowo’,” tutur Gus Choi dalam keterangannya, kemarin.

Baca juga : Aljazair Masa Bodoh, Warganya Dukung Maroko

Kemudian, lanjut Gus Choi saat acara Partai Bulan Bintang (PBB), Jokowi mendukung Yusril untuk maju sebagai capres dalam Pemilu 2024, asalkan punya kecukupan partai yang mengusung.

“Nah, Jokowi memang begitu, tapi dengan Anies tutup pintu. Terkunci. Padahal yang akan datang itu Anies yang Insya Allah yang akan menang itu,” kata Gus Choi.

Netizen mengingatkan bahwa Presiden Jokowi hanya bisa mengendorse tokoh sebagai bakal calon presiden (bacapres). Sebab, pada akhirnya partailah yang berwenang mendaftarkan capres.

Baca juga : Hubungan Jokowi-Paloh Beneran Retak Nih...

Akun @Martinusbutarb1 menyebut Presiden Jokowi sudah meng-endorse tiga bakal calon presiden (bacapres) dalam Pemilu 2024. Dia menduga tokoh yang di-endorse akan bertambah. “Bisa-bisa Anies juga,” kata dia.

Menurut @Sikasyik, Presiden Jokowi akan mendukung semua capres yang akan maju dalam Pemilu 2024 dan tidak mau terjebak dalam politik sesat. @AsliLanang2 yakin capres Pemilu 2024 yang didukung Jokowi akan menang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.