Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Wiranto: Paguyuban Jawa Tengah Wujud Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Minggu, 22 Januari 2023 20:44 WIB
Pelantikan pengurus Paguyuban Jawa Tengah (PJT) Jakarta, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Sabtu (21/1). (Foto: Istimewa)
Pelantikan pengurus Paguyuban Jawa Tengah (PJT) Jakarta, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Sabtu (21/1). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Dewan Kehormatan Paguyuban Jawa Tengah Jenderal TNI (Purn) Wiranto mengukuhkan Dewan Pengawas dan Pengurus Paguyuban Jawa Tengah (PJT) Jakarta, di Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu (21/1). Wiranto menegaskan, Paguyuban Jawa Tengah yang dibentuk untuk guyub, untuk menyatukan persatuan dan kesatuan.

Ketua Wantimpres ini menerangkan, kepengurusan Paguyuban Jawa Tengah bukan hanya di Jabodetabek, tetapi sudah di seluruh daerah di Indonesia, bahkan Mancanegara. Sehingga akan mampu menjaga keutuhan bangsa dan negara.

"Untuk itu, saya berpesan agar seluruh Pengurus dan Anggota PJT tetap guyub gayeng dan turut menjaga persatuan dan kesatuan bangsa," ucapnya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Minggu (22/1).

Baca juga : Tutup Porseni NU, Kapolri Gelorakan Semangat Persatuan Dan Kesatuan

Wiranto merasa terharu dan bangga dalam acara pelantikan PJT kali ini. Sebelumnya, pelantikan PJT biasanya dilakukan di Taman Mini Indonesia Indah. Namun, kali ini bisa dilakukan di DPR.

"PJT baru kali ini pelantikan benar-benar berbeda. Selain tempat yang megah juga para pengurus yang berjas dan berdasi," imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wiranto juga mengungkapkan imbauan Presiden Jokowi agar semuanya waspada dengan ancaman krisis global. Saat ini, telah banyak negara yang yang terdampak krisis global serta telah menjadi pasien IMF.

Baca juga : Erick: NU Dan Indonesia Harus Bisa Bersaing Dengan Bangsa Lain

"Hari ini, Indonesia masih bisa bertahan dan bahkan ekonomi masih tumbuh di angka 5,3. Kita akui dalam 2 tahun kebelakang kita benar-benar merasakan dampak akibat pandemi, namun berkat kekompakan antara pemerintah dan masyarakat, kita bisa bebas dari pandemi. Sehingga pertemuan ini bisa kita lakukan secara terbuka, tanpa masker," ucapnya.

Ketua Umum Paguyuban Jawa Tengah Leles Sudarmanto Dipuro didampingi Sekjen Nick Nurrachman, menegaskan bahwa Paguyuban Jawa Tengah siap berkolaborasi dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, dunia usaha serta stakeholders dalam dan luar negeri untuk membangung bangsa, khususnya di Jawa Tengah, dengan program PJT 3T, yaitu terus memfasilitasi kolaborasi wong Jawa Tengah, tepat dalam mengupayakan giat PJT, dan tindakan memberikan manfaat bagi keluarga PJT.

Paguyuban Jawa Tengah juga akan terus membangun ekonomi kerakyatan melalui peningkatan kerja sama antara UMKM dengan pengusaha besar melalui digitalisasi. Yaitu dengan mendorong produk lokal untuk bisa masuk pasar ekspor, serta meningkatkan entrepreneurshif generasi muda, dan mendorong anak-anak milenial untuk memulai usaha kreatif dengan digitalisasi.

Baca juga : Gus Halim: Bantul Bisa Jadi Piloting Penurunan Kemiskinan Dengan Data SDGs Desa

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi Paguyuban Jawa Tengah yang selama ini telah bermitra dengan Pemprov Jawa Tengah dalam membangun Jawa Tengah serta meningkatkan kesejahtaraan warga Jawa Tengah di perantauan maupun di Jawa Tengah. Ganjar menyatakan, Pemprov Jawa Tengah akan terus mendukung kegiatan Paguyuban Jawa Tengah, yang salah satu agenda dalam waktu dekat adalah menyiapkan mudik bareng.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.