Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mahfud Uraikan Pemikiran Mbah Hasyim Soal Jihad Pertahankan Keutuhan Bangsa

Senin, 23 Januari 2023 19:57 WIB
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. (Foto: Istimewa)
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD didapuk jadi narasumber Muktamar Ikatan Alumni Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Minggu (22/1).

Mahfud diminta mengulas warisan pemikiran Kiai Hasyim Asy'ari, khusunya terkait Resolusi Jihad dalam Perspektif Pertahanan dan Keamanan.

"Jihad sering diartikan secara sempit, bahwa jihad itu berperang melawan musuh, artinya perang fisik. Sebenarnya jihad itu banyak aspek, kalau Nabi menyebut jihad terbesar itu adalah melawan kita sendiri, melawan hawa nafsu," papar Mahfud saat memberi pengantar tentang makna jihad.

Baca juga : Wiranto: Paguyuban Jawa Tengah Wujud Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Jihad itu, lanjut Mahfud, sebenarnya setiap perbuatan untuk berbuat kebaikan bagi sesama manusia dan alam semesta adalah jihad.

"Membangun kemakmuran masyarakat juga jihad, berperang melawan musuh yang akan menghancurkan negara kita atau bangsa kita juga jihad," tambah Mahfud.

Lebih jauh Mahfud menjelaskan, Mbah Hasyim melakukan semua, baik jihad dalam arti sempit yaitu berperang melawan musuh. Mbah Hasyim, menurut Mahfud, memimpin apa yang dulu disebut Resolusi Jihad, melawan orang kafir yang memerangi kemerdekaan kita, artinya jihad fisik.

Baca juga : Tahun Baru Imlek Ditetapkan Libur Nasional, Lasarus Kenang Jasa Megawati

"Mbah Hasyim Asy'ari mengkontruksikan semua di dalam pemikiran dan tindakannya yang kemudian kita di dalam konstitusi mengelompokkannya dalam langkah-langkah pertahanan dan keamanan," jelas Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini.

Bagi Mahfud, Mbah Hasyim Asy'ari adalah tokoh besar yang ikut berjuang mendirikan nilai-nilai dasar dan konstruksi Negara Kesatuan Republik Indonesia serta mempertahankannya secara fisik. Dari mulai ide, kemudian mengisinya dan mempertahnkannya secara fisik.

"Resolusi jihad dalam perspektif pertahanan dan keamanan adalah menjaga NKRI, karena itu yang diwariskan oleh Mbah Hasyim Asy'ari dalam konteks hidup bernegara, menjaga NKRI itu artinya harus kita lakukan dengan berbagai kekuatan melalui apek pertahanan dan keamanan. Pertahanan itu artinya menjaga agar negara tetap utuh, ideologi maupun teritorinya. Sedangkan keamanan itu menjamin ketertiban dan kedamaian di tengah-tengah masyarakat," papar Menteri Pertahanan era Presiden Gus Dur ini.

Baca juga : Santri Dukung Ganjar Penuhi Kebutuhan Santriwati

Dalam kesempatan ini, Mahfud mengajak semua anak bangsa, khususnya warga Nahdliyin berjihad menjaga NKRI dari ancaman perpecahan.

"Kalau dikatakan roh utama perjuangan Mbah Hasyim Asy'ari itu adalah membangun dan menjaga NKRI, maka tugas kita sekarang adalah terus berjihad menjaga NKRI dari ancaman perpecahan," pungkas Mahfud. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.