Dark/Light Mode

Heboh Reshuffle Kabinet Di Rabu Pon

Semoga Aja Berdampak Baik Pada Nasib Rakyat

Selasa, 31 Januari 2023 06:45 WIB
(Foto: Antara)
(Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Isu reshuffle kabinet kembali berhembus kencang menjelang 1 Februari 2023, atau bertepatan dengan Rabu Pon.

Rabu Pon biasa digunakan Presiden Jokowi untuk mengumumkan perombakan kabinet. Sebelumnya, Jokowi pernah melakukan reshuffle pada Rabu Pon berte­patan dengan tanggal 12 Agustus 2015.

Apakah Rabu (besok) Jokowi benar-benar merombak kabinetnya?

Baca juga : PPP Mupeng, NasDem Cuek

“Hmm, masa? Rabu Pon? Benar? Ya, nanti tunggu saja,” jawab Jokowi sembari tersenyum di Sarinah, Jakarta, Minggu (29/1).

Sebelumnya, dalam beberapa kesem­patan terakhir, mantan Gubernur DKI Jakarta itu telah melempar sinyal reshuffle. Namun, Jokowi selalu meminta masyarakat menunggu.

Sementara, PDIP terus mendesak agar menteri dari Partai NasDem dievaluasi. Pasalnya, mereka sudah tidak sejalan den­gan visi dan misi Presiden. Mereka yakni Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar dan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo.

Baca juga : Erick: Ayo Perangi Korupsi Di BUMN, Jangan Sampai Kita Berdosa Kepada Rakyat

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto menegaskan, perombakan kabinet kewenangan dari Presiden Jokowi. Soal tanggal 1 Februari yang bertepatan dengan Rabu Pon, dia meminta publik menunggu keputusan presiden.

“Kalau reshuffle, hanya bisa terjadi atas kehendak Bapak Presiden, dan itu kewenangan beliau,” kata Hasto di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (28/1).

PDIP, lanjut Hasto, telah memberikan masukan soal perombakan kabinet terse­but. Namun, dia enggan membeberkan nama calon menteri yang disetorkan oleh partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri itu kepada Jokowi.

Baca juga : Mahyudin Dan TGB Layak Masuk Bursa Menteri

“Terkait nama, ada aspek-aspek teknis. Ini menyangkut masa depan seseorang. Kami mohon maaf tidak bisa menyam­paikan,” ucapnya.

Netizen meminta Jokowi segera meng­ganti menteri yang tidak bisa men­jalankan tugas dan tidak sejalan dengan visi presiden.

Akun @TeddGus mengatakan, kabar santer Rabu Pon, tepatnya 1 Februari 2023 Presiden Jokowi akan melaku­kan reshuffle Menteri. Kabar tersebut, tentu menjadi hal positif.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.