Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hasil Musra XVI Yogyakarta

Prabowo Geser Ganjar, Mahfud Kembali Jadi Cawapres Favorit

Rabu, 1 Februari 2023 16:07 WIB
Ketua Dewan Pengarah Musra Indonesia Andi Gani Nena Wea (tengah) saat konferensi pers pengumuman hasil Musra XVI Yogyakarta di FX Sudirman, Jakarta, Rabu (1/2). (Foto: Istimewa)
Ketua Dewan Pengarah Musra Indonesia Andi Gani Nena Wea (tengah) saat konferensi pers pengumuman hasil Musra XVI Yogyakarta di FX Sudirman, Jakarta, Rabu (1/2). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gelaran Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia relawan Joko Widodo (Jokowi) terus bergulir. Teranyar, Musra XVI Yogyakarta sukses digelar di Sleman City Hall, Yogyakarta, Minggu (29/1).

Ribuan relawan dan masyarakat Yogyakarta yang hadir menentukan capres-cawapres 2024. Untuk capres, nama Prabowo Subianto sukses menggeser Ganjar Pranowo di posisi puncak.

Sementara itu, Mahfud MD kembali jadi cawapres favorit pilihan gabungan relawan Jokowi.

"Prabowo menggeser Ganjar sebagai capres dan Mahfud MD menduduki posisi cawapres nomor satu di Musra XVl," kata Ketua Dewan Pengarah Musra Indonesia Andi Gani Nena Wea saat konferensi pers pengumuman hasil Musra XVI Yogyakarta di FX Sudirman, Jakarta, Rabu (1/2).

Baca juga : Lagi, Relawan Jokowi Pilih Mahfud Jadi Cawapres

Dipaparkan Andi Gani, untuk cawapres Musra Yogyakarta, Mahfud MD berada di posisi puncak dengan raihan 21,79 persen. Disusul di posisi kedua Moeldoko 21,42 persen. Lalu, Ridwan Kamil 10,12 persen. Arsjad Rasjid 8,66 persen, Sandiaga Uno 8,60 persen, Anies Baswedan 7,39 persen, Erick Thohir 6,47 persen, Puan Maharani 6,30 persen, Muhaimin Iskandar 4,95 persen, Yenny Wahid 2,56 persen, dan lainnya 1,74 persen.

Sementara untuk capres Musra, Prabowo Subianto di posisi teratas dipilih oleh 30,19 persen peserta Musra. Disusul Ganjar Pranowo 25,50 persen, Airlangga Hartarto 20,16 persen, Mahfud MD 7,68 persen, Sri Sultan Hamengkubuwono X 5,37 persen, Moeldoko 4,84 persen, Anies Baswedan 1,80 persen, Ridwan Kamil 1,59 persen, Puan Maharani 1,15 persen, Agus Harimurti Yudhoyono, dan lainnya 1,38 persen.

"Tiga besar capres sejauh ini, Ganjar dan Prabowo saling salip. Ada juga nama Airlangga. Sementara cawapres, Mahfud MD, Sandiaga, Arsjad paling konsisten. Ada juga nama Moeldoko," ungkapnya.

Dikatakan Andi Gani, seluruh hasil Musra sejauh ini sudah dilaporkan ke Jokowi. Andi Gani menjelaskan, puncak Musra diperkirakan akan berlangsung di pertengahan Maret di Jakarta. Di puncak Musra itu, akan diumumkan 3 nama capres-cawapres yang menduduki posisi tertinggi selama berlangsungnya Musra.

Baca juga : Prabowo Dan Anies Bakal Kerepotan Kuasai Jabar

"Kami masih menimbang, apakah Musra akan ditutup 2 minggu sebelum bulan puasa atau 2 minggu setelah Idul Fitri sekaligus halal bi halal," ungkap dia.

Untuk Musra berikutnya, kata Andi Gani, akan dilanjutkan di Semarang, Jawa Tengah 4 Februari. Kemudian, Musra akan digelar di Medan l, Sumatera Utara, 11 Februari. Rencananya, kata Andi Gani, Presiden Jokowi bakal hadir langsung di Musra Medan.

"Karena, bertepatan Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Medan acara Hari Pers Nasional di 9 Februari, lalu beliau akan menyempatkan menghadiri Musra di Medan," akunya.

Selain itu, Andi mengungkapkan, Musra bakal melanjutkan safarinya ke partai peserta Pemilu yaitu, dengan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Mardiono pada 17-18 Februari ini. Kemudian, dengan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan.

Baca juga : Ganjar Capres Teratas, Mahfud Cawapres Tertinggi Dari Tokoh NU

Bagaimana dengan PDI Perjuangan? Andi Gani mengaku masih mencari waktu yang tepat bertemu dengan pengurus PDI Perjuangan.

Ketua Panitia Nasional Musra Indonesia Panel Barus menyebut Musra Sumatera Utara putaran ke-17 ini diestimasikan dihadiri 6-7 ribu peserta. "Di Medan nanti ada lebih dari 10 ribu perkiraan, karena akan dihadiri Presiden Jokowi," ucapnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.