Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gandeng Kemendikbud, BPIP Finalisasi Draf Capaian Pembelajaran

Sabtu, 4 Februari 2023 17:20 WIB
Wakil Kepala BPIP Karjono. (Foto: Ist)
Wakil Kepala BPIP Karjono. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar Diskusi Kelompok Terpumpun Reviu dan Finalisasi Draf Capaian Pembelajaran (CP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Pendidikan Pancasila yang akan dijadikan sebagai pedoman para penulis buku materi teks utama pendidikan Pancasila untuk Sekolah Dasar dan Menengah, Jumat (3/1).

Sekretaris Dewan Pengarah BPIP, Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya menyampaikan, finalisasi CP dan ATP nantinya akan mendorong penerbitan buku materi teks utama Pendidikan Pancasila yang akan menjadi bahan ajar di tahun 2023. “Nilai-nilai Pancasila ini harus dapat dilakukan dan diimplementasikan oleh anak-anak bangsa kita dengan sebaik-baiknya, jadi harus disusun materi ajar yang di dalamnya ada roh nilai-nilai luhur bangsa," ujarnya.

Wisnu menekankan, pentingnya esensi pendidikan seutuhnya yang menjadikan manusia beradab, manusia yang saling menghargai dan menghormati serta yang bisa memanusiakan manusia lainnya. “Pancasila harus merasuk dalam sanubari kita dan tentunya anak-anak kita yang akan membela kejujuran, kebenaran, dan keadilan. Ini yang harus ditangkap oleh semuanya, termasuk guru yang akan mengajar anak bangsa sehingga guru ini di gugu dan ditiru sehingga menjadi teladan. Karena keteladanan adalah contoh terbaik untuk mengajarkan Pancasila kepada anak-anak bangsa. Di tingkat manapun dari SD hingga Perguruan Tinggi," paparnya.

Merdeka Belajar, dikatakan Wisnu, dapat menjadi terobosan yang mendobrak terbukanya inovasi dan kreativitas anak bangsa guna kemajuan bangsa. “Dari keberanian kita untuk melangkah maju, untuk memperbaiki sistem kita, apa yang sering dikatakan pak Menteri, ada merdeka belajar, merdeka mengajar, kurikulum merdeka, jadi semuanya merdeka untuk mengembangkan inovasi, kreativitas kita. Jadi mari kita berdiskusi disini untuk mencari solusi yang terbaik sehingga bisa menghasilkan sistem Pendidikan Indonesia sesuai dengan nilai-nila luhur bangsa," tambahnya. 

Baca juga : Mikha Tambayong, Keyakinan Suami Jadi Bahan Tebak-tebakan

Senada dengan itu, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, mengatakan penyusunan Capaian Pembelajaran (CP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Pendidikan Pancasila merupakan salah satu langkah krusial dalam proses penyempurnaan kurikulum merdeka dan pelaksanaan Pendidikan Pancasila untuk jenjang SD sampai SMA.

“Kurikulum merdeka kami rancang berdasarkan urgensi untuk melahirkan generasi pelajar Pancasila, pembelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Para Pelajar Pancasila inilah yang akan membawa Indonesia semakin unggul di panggung global dan melompat ke masa depan," kata Nadiem. 

Lebih lanjut Nadiem menuturkan sudah ada lebih dari seratus empat puluh ribu sekolah di seluruh Indonesia yang mendaftar untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka, dan dengan capaian pembelajaran dan Alur Tujuan Pembelajaran, harapannya akan membantu guru mengembangkan pembelajaran Pendidikan Pancasila yang jauh lebih relevan, jauh lebih interaktif dan jauh lebih kolaboratif. 

“Kerja sama Kemendikbudristek dan BPIP telah terjalin sejak penyusunan standar nasional Pendidikan yang melandasi kurikulum merdeka, juga dalam penyelarasan buku Pendidikan Pancasila karya BPIP yang telah ditetapkan sebagai buku referensi yang dapat digunakan pendidik di seluruh Indonesia. Besar harapan saya sinergi dan kolaborasi kita yang telah terjalin dengan sangat baik ini dapat semakin menguat demi terwujudnya SDM unggul dengan profil Pelajar Pancasila," ucap Nadiem.

Baca juga : Finnet Dukung Digitalisasi Sistem Pembayaran Proyek KCJB

Sementara itu, Wakil Kepala BPIP Karjono menyampaikan apresiasi kinerja Tim Penyusun Capaian Pembelajaran (CP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Pendidikan Pancasila yang beranggotakan para praktisi Pendidikan Pancasila melalui usulan Kemendikbud dan BPIP.

“Saya mengapresiasi kinerja tim yang telah berhasil menyelesaikan dua dokumen yaitu draf capaian pembelajaran (CP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pendidikan Pancasila. Kedua dokumen ini memiliki peran penting bagi penulisan buku teks utama Pendidikan Pancasila untuk Pendidikan Dasar hingga Pendidikan Menengah yang akan dilaksanakan setelah pertemuan ini," tuturnya.

Karjono menambahkan, Capaian Pembelajaran dalam penulisan buku materi teks utama Pendidikan Pancasila memiliki peran penting karena di dalamnya terdapat kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase perkembangan. Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila mencakup sekumpulan kompetensi dan lingkup materi, yang disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi mengenai nilai-nilai Pancasila dan implementasinya. 

“Dengan adanya CP Pendidikan Pancasila untuk pendidikan dasar dan menengah yang terdiri dari 6 fase, yaitu fase A (kelas 1-2) hingga fase F (kelas 11-12), para penulis buku materi teks utama akan dapat menyiapkan kompetensi pembelajaran mengenai Pendidikan Pancasila yang berisikan elemen dan capaian pembelajaran yang mencakup Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," jelasnya. 

Baca juga : Gandeng Gramedia, BTN Tawarkan KPR Terjangkau

Berdasarkan keputusan menteri pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi nomor 067/H/P/2022 tentang Buku Referensi Utama mata ajar Pancasila (PPIP) tersebut dapat dijadikan rujukan buku utama sebanyak 14 buku yg bisa diterapkan bahkan dicetak/diperbanyak tambah Karjono.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.