Dark/Light Mode

Dianggap Bebani APBD DKI

Kasihan, Pendatang Miskin

Rabu, 8 Februari 2023 06:45 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Foto: Khairizal Anwar/RM).
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Foto: Khairizal Anwar/RM).

 Sebelumnya 
“Kasihan orang miskin, nggak boleh hidup di Jakarta karena membenani APBD,” kata @tidiono.

Akun @freeman mengusulkan agar RSUD di Jakarta mengutamakan warga yang ber-KTP DKI Jakarta. Sedangkan yang di luar DKI biar mengantre agak lama dan kapok, sehingga memilih di RSUD di daerah masing-masing.

Akun @Anak_alay meminta para pendatang miskin di Jakarta diusir saja dari Jakarta. Kata dia, warga miskin luar Jakarta membuat warga Jakarta semakin stres.

Baca juga : DKPP Pantang Tebang Pilih

“Setuju (pernyataan Heru Budi). Jakarta sudah sumpek dengan pendatang, lama-lama nama Betawi tinggal nama,” kata @Kartika.

Sementara, @HasanHa52 menye­salkan pernyataan Heru. Dia bilang, Gubernur Jakarta yang sebelumnya tidak pernah mengeluh dengan keberadaan masyarakat miskin luar Jakarta. Gubernur sebelumnya sigap dan punya skill serta pemikiran mencari solusi.

“Setiap Warga Negara Indonesia (WNI) berhak bebas bergerak, berpin­dah, dan bertempat tinggal dalam dalam wilayah Republik Indonesia,” tegas @usmanysn.

Baca juga : Mantap! Bank DKI Dinobatkan Jadi Corporate Reputation Terbaik 2023

Akun @bagoespsadewo menuturkan, semua kota metropolitan pasti berkem­bang jumlah penduduknya dan itu ala­miah. Tidak ada solusinya kalau hanya bisa melarang pendatang ke Ibu Kota Negara.

“Solusi alternatif dari persoalan rumit hanya bisa dihasilkan oleh orang-orang yang masih punya ketersediaan akal sehat,” ujar @nasmid.

Akun @RagilSemar menyindir ciri Pemerintah yang luar biasa hebatnya memandang warga miskin sebagai beban. Kata @kuntaw_h, Jakarta itu hampir 85 persen penduduknya pendatang.

Baca juga : Desak Menteri NasDem Out Dari Kabinet, Banteng Makin Nanduk

“Ibu Kota itu magnet bagi pencari pe­rubahan hidup. Tolong jangan dipersulit. Mereka orang-orang yang gigih mencari rezeki,” tandas @Hermin. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.