Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Rencana Pembubaran GP Mania

Ganjarist Tak Goyah, Hilang Satu Tumbuh Seribu

Rabu, 8 Februari 2023 21:14 WIB
Pelaksana Tugas Ketua Umum Ganjarist Kris Tjantra. (Foto: Istimewa)
Pelaksana Tugas Ketua Umum Ganjarist Kris Tjantra. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kelompok relawan Ganjar Pranowo (GP) Mania akan dibubarkan menjelang tahapan Pilpres 2024. Ketua Umum GP Mania Immanuel Ebenezer alias Noel yang juga jadi relawan Jokowi di Pilpres 2019 mengatakan pembubaran akan dilakukan secara resmi di Jakarta, Kamis (9/2).

Relawan Ganjarist menanggapi rencana pembubaran tersebut. Mereka beranggapan bahwa wajar apabila dukungan kepada calon presiden masih turun naik di tengah dinamika politik yang masih dinamis.

"Apalagi dalam kehidupan berdemokrasi. Itu adalah pilihan politik saudara Noel dan kami melihatnya bukan sesuatu yang mengagetkan. Biasa ketika berkomitmen untuk mendukung seseorang tokoh yang dianggap sosok itu adalah pantas diusung di 2024, dan Ganjarist komitmen dan konsisten mendukung Pak Ganjar," kata Pelaksana Tugas Ketua Umum Ganjarist Kris Tjantra kepada RM.id, Rabu (8/2).

Baca juga : Rencanakan Pembangunan 2023, Ganjar Akan Keliling Jateng Tampung Usulan Masyarakat

Kris menyebut, pihaknya tidak bisa menghalangi-halangi siapa pun untuk membubarkan kelompok relawan pendukung Ganjar maju sebagai calon presiden 2024. Termasuk Noel yang berencana membubarkan GP Mania.

Namun, mereka akan tetap terus konsisten mengantarkan Ganjar hingga mendapat tiket capres.

"Saat ini relawan Ganjar yang bermunculan semakin banyak. Bubar 1 tumbuh seribu. Istilahnya begitu. Jadi bubar diri dan tidak dukung Ganjar itu biasa. Tidak ada yang wah," ungkapnya.

Baca juga : Survei Polmatrix: Ganjar Tak Terkejar, Anies-Prabowo Bersaing Di Tiga Besar

Kris juga menegaskan, hingga saat ini, Ganjarist tidak akan berpindah dan hanya fokus untuk mengusung Ganjar untuk menjadi Presiden di 2021 nanti.

Pasalnya, Ganjarist hanya melihat sosok Ganjar yang bisa meneruskan estafet kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

"Beliau tokoh Pancasilais, pro kebhinnekaan dan keberagaman. Beliau sangat berintegritas dan loyal kepada PDI Perjuangan. Juga sikap beliau yang memerangi intoleransi dan radikalisme itu yang membuat kami konsisten mendukung," tegas Kris.

Baca juga : Lomba Kicau Burung Orang Muda Ganjar Diramaikan Ratusan Peserta

Bahkan, disebutkan Kris, partai politik turut melihat Ganjar sebagai sosok yang berpotensi memenangi Pilpres 2024.

"PSI, PAN, PPP masih banyak lagi partai yang kepincut Ganjar. Tiket memang belum dapat tapi kami optimistis Ganjar adalah capres dan menang Pilpres nanti. Karena elektabilitas adalah tolak ukur dalam mengusung capres," tutup Kris. ■ (Madala/MG)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.