Dark/Light Mode

Tanggapi Pidato Jokowi 

Ketua KPK: Kami Sudah Laksanakan 

Jumat, 16 Agustus 2019 17:14 WIB
Ketua KPK Agus Rahadjo
Ketua KPK Agus Rahadjo

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahadjo menanggapi pidato Presiden Joko Widodo dalam Sidang Tahunan MPR di Gedung DPR/MPR pada Jumat (16/8).

Menurut Agus hal yang diamanatkan Jokowi dalam pidatonya itu sudah dijalankan oleh komisi antirasuahnya. 

Dalam pidatonya Jokowi mengatakan,  bahwa semua pihak harus mencegah koripsi tanpa mengganggu keberanian berinovasi. 

Jokowi juga menyatakan penegak hukum harus melakukan penindakan yang tegas, serta pencegahan yang menghasilkan penyelamatan keuangan negara. 

Baca juga : Di DPR, Jokowi Minta Izin Pindahkan Ibukota

"Menurut saya, dua-duanya sudah dijalankan KPK hari ini dan juga yang akan datang," kata Agus saat dihubungi wartawan, Jumat (16/8).

Ia mengatakan, dalam hal penindakan, langkah yang tegas tanpa pandang bulu harus dan wajib tetap dilaksanakan oleh KPK dalam memberantas korupsi. 

Di samping itu, pencegahan juga harus tetap dilakukan. Pencegahan, lanjut eks Kepala LKPP itu, menyasar sektor-sektor yang strategis.

Dari pencegahan, jumlah uang negara yang diselamatkan oleh KPK jauh lebih besar dibanding dengan yang dirampas dalam penindakan.

Baca juga : Tim Tidak Ikut Campur, Jokowi Cek Rekam Jejak Calon Menteri

 "Nilainya triliunan. Detail angkanya nanti akan dirilis," bebernya.

KPK juga mendorong dan mendampingi supaya terjadi percepatan perubahan tata kelola, manajemen, dan sistem.

Sebelumnya, Jokowi menyatakan bahwa ukuran kinerja para penegak hukum dan HAM juga harus diubah termasuk kinerja pemberantasan korupsi. 

Menurutnya keberhasilan penegak hukum bukan hanya jumlah orang yang dipenjarakan tetapi juga diukur potensi pelanggaran yang bisa diselamatkan.

Baca juga : Ace: Pidato Jokowi Dinilai Sudah Komprehensif

"Harus juga diukur dari berapa potensi pelanggaran hukum dan pelanggaran HAM bisa dicegah, berapa potensi kerugian negara yang bisa diselamatkan. Ini perlu kita garisbawahi. Oleh sebab itu manajemen tata kelola serta sistemlah yang harus dibangun," kata Jokowi dalam pidatonya di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (16/8). (OKT)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.