Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Anak Muda Papua Barat Antusias Sikapi Rencana Pembangunan Gedung Papua Youth Creative Hub Di Manokwari

Kamis, 9 Februari 2023 20:49 WIB
Deputi IV Bidang Intelijen Ekonomi BIN, Made Kartikajaya dan pengurus PMI melakukan pertemuan Bupati Manokwari, Hermus Indou di sebuah cafe kawasan Pasir Putih, Kec. Manokwari Timur, Kamis (9/2). (Foto: Ist)
Deputi IV Bidang Intelijen Ekonomi BIN, Made Kartikajaya dan pengurus PMI melakukan pertemuan Bupati Manokwari, Hermus Indou di sebuah cafe kawasan Pasir Putih, Kec. Manokwari Timur, Kamis (9/2). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anak muda dan masyarakat Papua Barat menyambut antusias rencana pemerintah  membangun gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat

Menurut Koordinator Papua Muda Inspiratif (PMI) Provinsi Papua Barat Simon Tabuni,  gedung PYCH di Manokwari akan menjadi wadah bagi anak muda untuk mengembangkan diri, minat dan bakat sehingga bisa ikut memajukan Tanah Papua. 

PMI berterimakasih  kepada Presiden Joko Widodo dan Kepala BIN Budi Gunawan, atas rencana pembangunan gedung PYCH tersebut. 

Pembangunan gedung PYCH di Kab. Manokwari merupakan arahan, gagasan dan dukungan dari Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo, dan Kepala BIN Jenderal Pol (Purn), Budi Gunawan, yang kemudian ditindaklanjuti oleh Deputi IV Bidang Intelijen Ekonomi BIN, Made Kartikajaya. 

Gedung ini nantinya akan digunakan dan dimanfaatkan oleh PMI dalam menjalankan program kerjanya untuk membantu mempercepat kesejahteraan masyarakat di Tanah Papua. PMI nantinya akan berkolaborasi, mengembangkan diri dan terus menjadi motor pengembangan SDM muda di Bumi Cendrawasih tersebut. 

Baca juga : Gelisah, Ganjar Minta Rencana Penghapusan Tenaga Honorer Benar-benar Dikaji

"Kami mewakili pemuda-pemudi yang ada di Manokwari, Papua Barat sangat berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan kepada Kepala BIN, Pak Budi Gunawan atas dukungan yang sangat luar biasa ini," kata Simon di Manokwari Barat, Kab. Manokwari, Kamis (9/2). 

Simon menyampaikan itu saat mendampingi Made Kartikajaya meninjau lahan yang rencananya akan dibangun gedung PYCH, di eks-Badiklat Kab Manokwari, Jl. Lembah Hijau, Wosi Dalam, Distik Manokwari Barat, Kab. Manokwari.

Simon menuturkan, gedung ini nantinya sebagai wadah yang nanti akan menjadi tempat untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi dari anak-anak muda di Papua Barat. Anak muda Papua bisa memanfaatkan fasilitasnya untuk sumber daya manusianya. 

"Ketika anak muda bergerak dan berkontribusi lewat ide-ide kreatifnya, maka pembangunan akan berjalan," kata alumni program magister di University of London tersebut. 

Made Kartikajaya dan pengurus PMI turut melakukan pertemuan Bupati Manokwari, Hermus Indou di sebuah cafe kawasan Pasir Putih, Kec. Manokwari Timur. 

Baca juga : Anies Baswedan Disambut Antusias Ratusan Pendukungnya Di Lombok

Hermus mengatakan, pihaknya mendukung penuh adanya pembangunan gedung PYCH di Kab. Manokwari. Menurutnya, keberadaan gedung imi bisa meningkatkan kualitas dan partisipasi pemuda dalam penyelenggaran pemerintahan, serta pembangunan di Indonesia, khususnya di Papua Barat.

Hermus mengungkapkan Pemda Manokwari akan menghibahkan tanah seluas 27.761 meter persegi atau 2,7761 hektar kepada BIN, untuk pembangunan gedung PYCH. Adapun lokasi tanahnya di eks-Badiklat Kab Manokwari, Jl. Lembah Hijau, Wosi Dalam, Distik Manokwari Barat, Manokwari. 

Dia menjelaskan, saat ini lahan itu masih dalam proses administrasi pengsertifikatkan di BPN, lalu akan di hibahkan untuk dibangun gedung PYCH di Manokwari kepada BIN.

"Pada prinsipnya Pemda Manokwari sangat siap untuk menyukseskan program ini. Pemda Manokwari telah membebaskan dan akan menghibahkan segera tanah seluas 2,7 hektar. Kita berharap ini menjadi aset negara, dan dipergunakan untuk pembangunan Papua Youth Creative Hub di Manokwari," tegas Hermus usai pertemuan. 

PMI Kembangkan Potensi Peternakan

Baca juga : Mak Ganjar Hadiri Ceramah Kebangsaan Gus Miftah Di Palangakaraya

PMI Papua Barat juga mendorong anak muda dan masyarakat untuk mengembangkan peluang dan potensi yang ada untuk peningkatan ekonomi, diantaranya peternakan babi. PMI memiliki sejumlah lokasi peternakan babi diantaranya di Kampung Susweni Baru, Distrik Manokwari Timur. 

Anggota PMI Albert Burwos mengatakan, ternak babi di Manokwari memiliki peluang yang besar karena masyarakat membutuhkannya. Menurutnya, saat ini babi yang diternak berjumlah 35 ekor. Dengan dukungan PMI, pendampingan BIN, Polda, Pemda dan sejumlah pihak, Albert optimis pada tahun 2024 nanti, jumlah babi akan berkembang biak menjadi 1000 ekor.

"Kami punya misi untuk segera memenuhi kebutuhan babi, baik indukan, daging maupun anak-anak babi," ucapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.