Dark/Light Mode

Presiden Jago Pilih Duren

Jumat, 10 Februari 2023 08:00 WIB
Presiden Joko Widodo bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Wali Kota Medan Bobby Nasution makan durian bersama para pemimpin redaksi media massa, di Si Bolang Durian, Medan, Sumatera Utara, Rabu (8/2) malam. Kamis paginya, Presiden bersama-sama seluruh insan pers merayakan Hari Pers Nasional (HPN) yang dipusatkan di Gedung Serbaguna Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Kabupaten Deli Serdang. (Foto: BPMI SETPRES).
Presiden Joko Widodo bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Wali Kota Medan Bobby Nasution makan durian bersama para pemimpin redaksi media massa, di Si Bolang Durian, Medan, Sumatera Utara, Rabu (8/2) malam. Kamis paginya, Presiden bersama-sama seluruh insan pers merayakan Hari Pers Nasional (HPN) yang dipusatkan di Gedung Serbaguna Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Kabupaten Deli Serdang. (Foto: BPMI SETPRES).

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi ternyata tidak hanya pintar memimpin negara. Mantan Wali Kota Solo ini, juga jago pilih duren.

Momen Jokowi memilih duren terjadi sehari sebelum perayaan puncak Hari Pers Nasional (HPN) di Medan, Sumatera Utara. Tepatnya, Rabu (8/2) malam. Malam itu, Jokowi makan duren dengan para pemimpin redaksi (Pemred) media di Si Bolang Durian, Kota Medan.

Sebelum Jokowi datang, Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) telah mensterilkan area tersebut. Para Pemred datang lebih awal. Mereka mengenakan pakaian kasual.

Jokowi dan Ibu Iriana tiba di Si Bolang Durian pukul 20.33 WIB. Jokowi juga tampil santai. Dia mengenakan kaos lengan panjang berwarna cokelat.

Baca juga : Bercermin Dari Triliuner Gautam

Keluar dari mobil, Jokowi terlihat menggandeng kedua cucunya dari pasangan Bobby dan Kahiyang Ayu. Masyarakat Medan yang sudah berkumpul dari tadi, langsung berebutan menyambut Jokowi. Mereka berebut salaman.

Usai menyalami warga, Jokowi pun langsung gabung dengan para Pemred. Jokowi lalu menyapa satu per satu para Pemred. Ikut menemani Jokowi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, dan Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Jokowi duduk bersama Erick Thohir dan Bobby di bangku panjang. Jokowi lalu berbincang-bincang dengan para Pemred. Terlihat sesekali mereka tertawa terbahak-bahak.

Saat akan memakan duren, Jokowi memilih durennya sendiri. Hasilnya cukup memuaskan. Duren yang dipilih Jokowi rasanya pas. Para Pemred memuji kemampuan Jokowi yang bisa memilih duren yang enak. Pasalnya, memilih duren yang enak sangat susah.

Baca juga : Presiden Jokowi Tegaskan ASEAN Tidak Boleh Jadi Proksi Siapa pun

“Presiden yang memilih langsung duren yang enak untuk (kami) makan bersama. Dari tiga yang diambil untuk kita, satu yang paling enak, yang dipilih oleh Pak Jokowi. Pak Jokowi ternyata tahu duren,” puji Ketua Forum Pemred Arifin Asydhad.

Bukan hanya memberikan tips memilih duren, pada kesempatan itu, Jokowi juga memberikan tips kepada para Pemred agar tetap sehat di tengah jadwal yang padat. Jokowi membocorkan rahasia dirinya tetap sehat saat ditanya Pemred Harian Sumut24 Rianto Aghly.

“Pak Jokowi kok sehat sekali, apa sih resepnya?” tanya Rianto. “Jamu temulawak,” jawab Jokowi.

Erick Thohir mengupload keseruan menemani Jokowi makan duren bersama para Pemred di akun Instagramnya. Menurut dia, kurang lengkap kalau ke Medan tidak makam duren.

Baca juga : Istana Presiden di IKN Mulai Dibangun Februari

“Berkunjung ke Medan kurang afdol rasanya kalau belum makan duren. Alhamdulillah, kebetulan banget tadi malam diajak nge-duren bareng dengan Bapak Presiden Jokowi dan Bang Walikota Bobby Nasution, bersama rekan-rekan selepas kunjungan kerja. Rezeki anak soleh katanya aamiin,” tulis Erick.

Kehadiran Jokowi di Si Bolang Duren cukup singkat. Jokowi dan rombongan langsung pulang ke hotel untuk beristirahat. Di sela-sela kepulangannya Jokowi membagikan kaos kepada masyarakat.

Warganet juga ramai mengomentari keterampilan Jokowi memilih duren. “Alhamdulillah, Pak Jokowi suka duren,” cuit @illiyin_syafa. “Sangat sangat bangga saya punya Pak Jokowi,” cetus @MiderNuswantoro. “Pak @jokowi nggak ada matinye,” puji @kangmirdja. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.