Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pajang Foto Bung Yahya-Bung Karno-Bung Tomo

Yaqut Bilang Mirip, Setuju?

Minggu, 12 Februari 2023 08:00 WIB
Ketiga foto ini (Bung Karno, Gus Yahya dan Bung Tomo) dipasang Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, di akun twitter pribadinya @YaqutCQoumas, kemarin. “Gayanya mirip,” tulis Yaqut. Netizen rame-rame kasih komen. (Foto: Twitter @YaqutCQoumas).
Ketiga foto ini (Bung Karno, Gus Yahya dan Bung Tomo) dipasang Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, di akun twitter pribadinya @YaqutCQoumas, kemarin. “Gayanya mirip,” tulis Yaqut. Netizen rame-rame kasih komen. (Foto: Twitter @YaqutCQoumas).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pidato Ketum PBNU, Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya yang begitu menggelegar di resepsi seabad NU pekan lalu, masih menuai decak kagum. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang juga adik dari Gus Yahya itu, tak segan-segan menyampaikan pujian. Lewat Instagram miliknya, Gus Yaqut menyandingkan foto Bung Karno, Bung Tomo dengan Gus Yahya yang dianggapnya mirip. Warga dunia maya lantas bereaksi dengan unggahan Gus Yaqut itu.

Yaqut mengunggah foto ketiganya dalam satu kolase. Gus Yahya berada di tengah, diapit Bung Karno dan Bung Tomo. Foto Bung Karno dan Bung Tomo masih hitam putih. Sedangkan foto Gus Yahya di kolase sudah berwarna. Foto Gus Yahya diambil saat dirinya berpidato pada Perayaan 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) di Gelora Delta Sidoarjo, pekan lalu.

Meskipun warna foto berbeda, tapi gaya dari ketiga tokoh di kolase itu memiliki kemiripan. Foto ketiganya dalam pose yang sama, yakni mengangkat tangan dengan posisi jari telunjuk diangkat.

Baca juga : Ajaran Bung Karno Tak Lekang Oleh Waktu

“Gayanya mirip. Cara membakar semangatnya juga ada kesamaan lah. Semoga kontribusi besarnya tidak berbeda. Bung Karno-Bung Yahya-Bung Tomo,” demikian unggahan Gus Yaqut, kemarin.

Seperti diketahui, Bung Karno dan Bung Tomo, merupakan 2 pahlawan nasional yang dikenal sebagai orator ulung. Bung Karno, dalam setiap pidatonya, mampu membakar emosional orang yang mendengarnya. Sejak jaman perjuangan hingga menjadi Presiden RI, pidato Bung Karno selalu menggelegar. Begitu pun Bung Tomo. Orasinya pada 10 November 1945 yang disiarkan lewat radio berhasil membakar semangat rakyat untuk ikut berperang mengusir pasukan Sekutu di Surabaya.

Sedangkan di resepsi seabad NU yang digelar di Stadion Delta Sidoarjo, Gus Yahya menjadi bintangnya. Meskipun pidatonya cukup singkat, tapi banyak yang menyampaikan pujian. Dalam pidatonya itu, suara Gus Yahya menggelagar membakar semangat ribuan nahdliyin yang hadir.

Baca juga : KPK Duga Bambang Kayun Terima Uang Miliaran Dan Fortuner

Ulama Muda NU, Ulil Abshar lewat akun Twitter-nya, @ulil salah satu yang menyampaikan pujian terhadap pidato Gus Yahya. “Ketika Gus Yahya dalam pidatonya meneriakkan kalimat ini: O universe, welcome to the second century of Nahdlatul Ulama, saya langsung menangis. Pidato Gus Yahya pagi ini keren sekali. A masterful skill of public communication,” cuitnya.

Lantas, setujukan warganet bila Gus Yahya disebut mirip Bung Karno dan Bung Tomo. Menjawab ini, netizen terbelah. Ada yang bilang mirip, tapi juga ada yang bilang sebaliknya.

Pengguna Instagram, Budi Cahyo Noegroho mengaku setuju dengan Gus Yaqut. “Benar Gus. Ketika sambutan 1 abad NU kemarin, sangat-sangat representative Bung Besar,” katanya. “Yang jelas kesamaannya... sama-sama membakar semangat nasionalisme...” timpal pengguna atas nama Abdul Rohman. “Selamat datang SINGA PODIOM abad ini,” ujar @lilik_sumar.

Baca juga : Peluang KIB Usung Pasangan Ganjar-Airlangga Masih Terbuka Lebar

Namun, ada juga warganet yang menganggap Yaqut terlalu berlebihan. “Gak sama, karena setiap orang punya gaya kepemimpinan yang berbeda tergantung sikonnya?” cuit @Hardyan_36. “Cuma mirip gayanya aja, gak apa-apa kan,” timpal @RNWansa17. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.