Dark/Light Mode

2 Hari Jadi Ketum PSSI, Langsung Blusukan Ke Rumah Wasit, Erick Banjir Pujian

Sabtu, 18 Februari 2023 18:58 WIB
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kiri) saat pertama kali menyapa Rohani, wasit Liga 2 yang juga penjual kembang tahu di kawasan Cipete, Jakarta Selatan. (Foto: Istimewa)
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kiri) saat pertama kali menyapa Rohani, wasit Liga 2 yang juga penjual kembang tahu di kawasan Cipete, Jakarta Selatan. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Video Erick Thohir mengunjungi rumah Rohani, wasit Liga 2 yang juga penjual kembang tahu dan susu kedelai, mendapat respons positif di mata netizen. 

Kunjungan ini menunaikan janji Erick, menjadi Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) pertama, yang menyambangi rumah wasit. Untuk menyelami seperti apa kehidupan mereka. 

Maklum, sebagai pengadil lapangan, wasit kerap dianggap punya andil besar dalam carut marut sepak bola nasional. Banyak yang juga yang bilang, gaji wasit besar, tapi masih mau terima sogokan pengaturan skor.

Namun, dalam kunjungan ke tempat tinggal Rohani di kawasan Cipete Jakarta Selatan, Erick melihat sendiri. Betapa hidup Rohani jauh dari mewah. 

Rumah wasit Liga 2 itu sama sekali tidak dicat, lantai hanya dipelur, tak pakai ubin. Hiasan dinding pun hanya panci menggantung. Bahkan ada satu dua jemuran ikut terlihat. 

Baca juga : Erick Thohir Jadi Ketua PSSI, Mafia Bola Auto Ketar-ketir

Netizen yang melihat video itu, merasa tersentuh. 

"I'm not into soccer, sekarang saya paham dari kemarin yang Pak ET singgung adalah kesejahteraan dari wasit. Liat footage ini sih,... speechless banget. You dont need to be a soccer fan, as a human being you know this this not right. Amin to a better future for Indonesia football," ketik pemilik akun centang biru @kemalmochtar.

Komentar @syaripudin_98 tak jauh beda. "Salam hormat dan respect sama Bapak Erick Thohir, ngobrolnya sangat santai. Tidak ada jarak dan tak terlihat sama sekali kesombongan dalam diri Bapak. Ayo Pak, saya sangat berharap PSSI di tangan Bapak mampu mengubah persepakbolaan Indonesia, dan memberantas mafia-mafia bola," ujarnya.

Sementara @riakoestiyono berharap, keberadaan Erick di PSSI bisa membuat kehidupan wasit lebih sejahtera.

"Kemarin, ada yang koar-koar gaji wasit di Indonesia tertinggi di ASEAN. Rp 10 juta per bulan per pertandingan (kalau nggak salah). Setelah melihat ini.. Miriss. Semoga, Pak ET bisa mengangkat derajat persepakbolaan nasional, sekaligus derajat kesejahteraan wasit," tuturnya.

Baca juga : Erick: Belum Ada Kemenangan Di Hari Ini

Sedangkan @rickysyafaadin mengingatkan Erick, agar pengadil lapangan mendapat pelatihan rutin, untuk meningkatkan keahliannya. Menurutnya, ini penting untuk memperbaiki kualitas sepak bola nasional.

"Wasit kasih pelatihan/ upgrading tiap bulan pak. Tentu, pemain tidak akan protes berlebihan, kalau wasitnya tidak banyak keputusan kontroversial. Yakali bedain offiside/umpan terobosan aja kaga bisa, advantage kadang masih disemprit, pelanggaran keras cuma kartu kuning. Jadi, ketika ada VAR, bisa jalan beriringan dengan SDM yang memakainya," pesan @rickysyafaadin.

Namun, ada juga yang khawatir Erick ikut Pilpres. Sehingga, PSSI terpaksa ditinggal.

"Saya takut Pak Erick Thohir nyalon di 2024, entah capres atau cawapres. Terus penggantinya sama aja kaya yang kemaren kemaren," ucap @adenurkasa.

Pernyataan ini lalu ditimpali @hryschizo. "Setidaknya, sudah membuat perubahan yang signifikan, walaupun belum 90 persen," begitu katanya. ■

Baca juga : Erick Mau Jadi Ketum PSSI Pertama Yang Datangi Rumah Wasit

 

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.