Dark/Light Mode

Andi Gani Terpilih Jadi Presiden ATUC 2023-2026

Minggu, 19 Februari 2023 15:39 WIB
Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea terpilih menjadi Presiden Asean Trade Union Council (ATUC) 2023-2026 dalam gelaran ATUC General Assembly yang berlangsung 18-19 Februari di Hotel Pullman Jakarta. (Foto: Istimewa)
Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea terpilih menjadi Presiden Asean Trade Union Council (ATUC) 2023-2026 dalam gelaran ATUC General Assembly yang berlangsung 18-19 Februari di Hotel Pullman Jakarta. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea terpilih menjadi Presiden Asean Trade Union Council (ATUC) 2023-2026 dalam gelaran ATUC General Assembly yang berlangsung 18-19 Februari di Hotel Pullman Jakarta.

Andi Gani mendapatkan dukungan penuh dari pimpinan konfederasi Singapura, Kamboja, Thailand, Vietnam, Filipina dan beberapa negara anggota ATUC lainnya.

Baca juga : Ingin Persatukan Jurnalis, Wartawan Parlemen Gelar KWP Cup 2023

"Saya sangat bersyukur diberikan kesempatan memegang amanah baru untuk memimpin konfederasi buruh ASEAN," katanya kepada wartawan di Jakarta, Minggu (19/2).

ATUC General Assembly kali ini juga dihadiri langsung Sekretaris Jenderal International Trade Union Confederation-Asia Pacific (ITUC AP) Shoya Yoshida bersama Patuan Samosir.

Baca juga : Ivan Yulivan Terpilih Kembali Jadi Ketum PP INKAI 2023 - 2027

Hadir juga Ketua ASEAN Business Advisory Council (ABAC) Arsjad Rasjid sekaligus mengisi sesi diskusi dan juga menyiapkan rencana kerja sama antara ABAC dan ATUC.

Andi Gani optimstis terpilihnya ia sebagai Presiden ATUC membuat kerja sama dan solidaritas antar konfederasi buruh di ASEAN mampu menghadapi masalah-masalah ketenagakerjaan. Terutama di kawasan ASEAN.

Baca juga : Ini 5 Calon Waketum Jika LaNyalla Terpilih Jadi Bos PSSI

Seperti diketahui, Indonesia dipimpin Presiden Jokowi saat ini dipercaya menjadi Ketua ASEAN 2023. Ditambah Arsjad Rasjid sebagai Ketua ABAC dan Andi Gani Nena Wea sebagai Presiden ATUC, tentu hal ini akan sangat menguatkan peran Indonesia di ASEAN.

Sekadar informasi, ATUC merupakan organisasi konfederasi buruh seluruh anggota ASEAN yang berdiri sejak 1983. ATUC fokus pada bidang pendidikan, advokasi, perlindungan tenaga kerja, serta kesejahteraan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.