Dark/Light Mode

Bilik Bijak: Wadah Penyaluran Tas Belanja Demi Penggunaannya Yang Lebih Efektif

Senin, 20 Februari 2023 07:00 WIB
(Foto: Ferry Nusa/RM)
(Foto: Ferry Nusa/RM)

 Sebelumnya 
Reusable bag dan Permasalahan yang Muncul

Meskipun reusable bag dapat mengatasi permasalahan sampah kantong plastik, solusi ini bukanlah tanpa celah. Reusable bag yang awalnya digunakan untuk mengurangi sampah plastik justru membuat tumpukan sampah baru. Masyarakat yang belum terbiasa untuk membawa reusable bag tentu akan senantiasa membeli reusable bag ketika berbelanja (karena harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau). Jasa pesan-antar makanan juga menyumbang tumpukan reusable bag yang digunakan saat pengiriman. Dengan demikian, penggunaan reusable bag juga bermuara pada permasalahan yang sama, yaitu tumpukan sampah.

Baca juga : Orang Muda Ganjar Kaltim Penuhi Hak Pendidikan Dan Aksesibilitas

Bilik Bijak: Wadah Penyaluran Tas Belanja Demi Penggunaannya yang Lebih Efektif

Menjawab persoalan sampah plastik, sekaligus persoalan tumpukan tas belanja, kami menghadirkan Bilik Bijak. Bilik Bijak merupakan sarana untuk mengumpulkan dan memfasilitasi tas belanja kepada para pembeli di toserba, minimarket, warung, pasar modern, ataupun pasar tradisional. Bilik Bijak ditempatkan di dekat pintu masuk dan di dekat kasir. Masyarakat dapat bebas mengambil tas belanja sesuai kebutuhan (maksimal 3) dan dapat menyumbangkan tas belanja yang dimilikinya. Dengan demikian, penggunaan tas belanja dapat lebih efektif dan bermanfaat. Dalam skala yang lebih besar, Bilik Bijak dapat membantu dalam mengurangi jumlah sampah di Indonesia.

Baca juga : Cegah Peredaran Obat Berbahaya, Pengawasan Kudu Efektif

Alur Operasional Bilik Bijak

Slogan dari Bilik Bijak adalah “Dari dan Untuk Kami”, yang berarti bahwa Bilik Bijak membutuhkan banyak keterlibatan dari masyarakat. Selain itu, Bilik Bijak juga membutuhkan toserba, minimarket, warung, pasar tradisional, hingga pasar modern sebagai mitra untuk berkolaborasi. Bilik Bijak akan menempatkan wadah yang terbuat dari akrilik di dekat pintu masuk atau kasir dari mitra Bilik Bijak. Masyarakat dapat meletakkan tas belanja yang mereka miliki di wadah akrilik tersebut serta dapat mengambil tas belanja dari wadah akrilik. Agar sejalan dengan misi Bilik Bijak, kami membatasi pengambilan tas belanja sebanyak tiga buah bagi setiap orang.

Baca juga : Peduli Masyarakat, Relawan Puan Salurkan Ratusan Sembako Di Subang

Karena proyek ini bersifat nonprofit, kami membutuhkan para relawan yang peduli terhadap lingkungan untuk menyediakan tas belanja di awal berdirinya Bilik Bijak. Selain itu, kami juga membutuhkan investor untuk mendanai wadah-wadah tas belanja yang akan kami sebarkan di toko-toko. Investor tersebut dapat berasal dari NGO, perusahaan, ataupun, pemerintah setempat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.