Dark/Light Mode

2 Hari Terbaring Di Tengah Hutan

Alhamdulillah, Kapolda Jambi Berhasil Dievakuasi

Rabu, 22 Februari 2023 08:00 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjenguk Kapolda
Jambi Irjen Rusdi Hartono, di RS Bhayangkara Jambi, kemarin. Kapolda mengalami kecelakaan setelah heli yang ditumpanginya mendarat darurat. (Foto: Istimewa).
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjenguk Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono, di RS Bhayangkara Jambi, kemarin. Kapolda mengalami kecelakaan setelah heli yang ditumpanginya mendarat darurat. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
Saat tim berhasil turun, tim menemukan korban dalam kondisi memprihatinkan.

Kapolda Rusdi ditemukan terbaring dalam kondisi sudah melemah dengan kondisi tangan bagian kanan patah. Sementara itu, ajudan Kapolda Jambi serta para kru helikopter ditemukan dalam kondisi terluka di beberapa bagian tubuh.

Meski begitu, Kapolda tak mau diselamatkan terlebih dahulu. Ia meminta kepada tim untuk menyelematkan 7 anak buahnya terlebih dahulu. Menjelang sore, tim berhasil mengevakuasi empat korban. Mereka adalah Co Pilot AKP Amos Fredily, ajudan Kapolda Jambi Briptu Aditya, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jambi Komisaris Besar Andri Ananta, dan Direktur Kepolisian Perairan dan Udara Polda Jambi Kombes Pol Michael Mumbunan.

Baca juga : Tim SAR Harap Cuaca Cerah, Agar Evakuasi Kapolda Jambi Besok Berhasil

Kapolda sendiri baru berhasil dievakuasi pada pukul 16.58 Wib. Ia dievakuasi menggunakan Helikopter Super Puma milik TNI AU. Video evakuasi Kapolda Rusdi ini viral di media sosial. Tubuh Rusdi yang dibawa menggunakan tandu, ditemani seorang personel TNI saat ditarik ke atas. Tandu sempat berputar-putar sebelum mendekati helikopter. Hingga akhirnya, personel yang sudah menunggu di helikopter bisa menarik dan membawa tubuh Rusdi masuk ke dalam.

Setiba di posko kesehatan, Rusdi langsung mendapat perawatan untuk menstabilkan kondisinya. Setelah stabil, polisi lulusan Akpol ‘91 ini kemudian diterbangkan ke Rumah Sakit Bhayangkara Jambi untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif.

Jenderal Sigit yang sejak pagi hari sudah terbang ke Jambi langsung bergerak ke rumah sakit untuk menjenguk Rusdi. Dalam foto terlihat kondisi Rusdi terbaring lemah.

Baca juga : Evakuasi Dihentikan, Kapolda Jambi Belum Bisa Dibawa Keluar Hutan Kerinci

Kapolri mengaku sempat berbincang dengan Rusdi dan rombongan. Ia memastikan Rusdi dan rombongan dalam kondisi sadar. “Saya sempat berbincang dengan Kapolda Jambi dan rombongan. Kondisinya masih sadar, cukup stabil,” kata Sigit, dalam jumpa pers, di Jambi, kemarin.

Sigit mengatakan Irjen Rusdi dkk dalam keadaan sadar. Dokter juga sedang melakukan scanning kepada para pasien. “Tentunya ada yang mengalami fraktur ada yang di kaki ada yang di tangan ada yang dirusuk dan juga mungkin di tempat-tempat lain yang saat ini sedang dilakukan scanning oleh dokter. Namun secara umum semuanya dalam keadaan sadar,” tuturnya.

Sigit berterima kasih ke seluruh tim gabungan hingga warga setempa sehingga seluruh korban bisa dievakuasi. Sigit memohon doa agar seluruh korban bisa segera pulih. Dia mengatakan tim dokter sudah memberikan perawatan terbaik kepada seluruh korban. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.