Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

KSP Pastikan TKDN Proyek Kawasan MICE di NTT Minimal 80%

Rabu, 22 Februari 2023 20:50 WIB
Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Helson Siagian (kanan)  meninjau pembangunan kawasan MICE di Golo Mori, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu (22/2).
Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Helson Siagian (kanan) meninjau pembangunan kawasan MICE di Golo Mori, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu (22/2).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah melalui PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mempercepat penyelesaian pembangunan konstruksi fasilitas Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) serta infrastruktur penunjang berupa jalan akses, jalan kawasan, dan dermaga, di desa Golo Mori, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Pembangunan kawasan MICE yang dilengkapi dengan beach club, observation deck, dan dermaga kayu ini untuk menyambut penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN pada Mei 2023. 

Kawasan MICE di Golo Mori akan menjadi salah satu vanue rangkaian kegiatan pertemuan pemimpin–pemimpin negara anggota ASEAN. 

Baca juga : Mentan Pastikan Kebutuhan Beras DKI Dan Nasional Aman

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Helson Siagian mengatakan, sampai saat ini pembangunan konstruksi fasilitas MICE dan infrastruktur penunjang sudah mencapai 90,95 persen. 

“Target selesai akhir Maret 2023,” kata Helson saat meninjau pembangunan kawasan MICE, di Golo Mori, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu (22/2). 

Helson menyebut, pembangunan fasilitas MICE dan infrastruktur penunjang di Golo Mori memprioritaskan penggunaan produk dalam negeri. Yakni, mayoritas material, furniture, dan ornamen yang digunakan berasal dari UMKM lokal padat karya.  

Baca juga : Kalapas Palu Pastikan Tak Ada Pengendalian Narkoba Dari Dalam Lapas

“Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) atau muatan lokal pada proyek ini sekitar 80 %,” ungkap Helson. 

Helson optimistis, pelaksanaan KTT ASEAN 2023 di Golo Mori akan semakin mendongkrak geliat pariwisata dan perekonomian di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Labuan Bajo.

Pada kesempatan itu, Direktur Operasional PT ITDC (persero) Troy Reza Warokka berharap berbagai fasilitas yang saat ini dibangun di Golo Mori tidak hanya untuk KTT ASEAN. Namun ke depan bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. 

Baca juga : Erick Pastikan, BUMN Dorong UMKM Naik Kelas Lewat Pasar Digital

“Kami berharap instansi Pemerintah, swasta, atau masyarakat luas dapat menyelenggarakan berbagai kegiatan di tempat ini baik skala nasional maupun internasional,” ujar Troy. 

Sebagai informasi, pengembangan kawasan Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) di Golo Mori, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) akan menjadi salah satu vanue rangkaian kegiatan KTT ASEAN 2023, di mana Indonesia yang menjadi pemegang tampuk keketuaan. 

Dengan mengusung tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”, Indonesia bertekad memperkokoh posisi dan relevansi ASEAN dalam menjawab tantangan-tantangan global dan menjadikan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi yang menyejahterakan.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.