Dark/Light Mode

Pengganti Amali Harus Golkar Lagi

Siapa Layak Jadi Menpora? Ya Ace Dong, Pak Presiden...

Kamis, 23 Februari 2023 07:45 WIB
Ketua DPD Golkar Jawa Barat, Ace Hasan Syadzily. (Foto: Dok. DPR)
Ketua DPD Golkar Jawa Barat, Ace Hasan Syadzily. (Foto: Dok. DPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi memastikan, secara informal Zainudin Amali sudah menyatakan mundur dari posisinya sebagai Menpora karena ingin fokus di posisi barunya sebagai Waketum PSSI. Lalu, siapa yang pantas gantikan Amali sebagai Menpora?

Banyak yang yakin, kursi Menpora akan kembali jatuh ke Golkar karena Amali adalah kader Golkar. Nah, siapa kader beringin yang layak jadi Menpora? Ada banyak nama muncul. Dari semua nama itu, Ace Hasan Syadzily dianggap yang paling layak.

Ace yang saat ini menjabat Ketua DPD Golkar Jawa Barat, punya rekam jejak mumpuni. Dekat dengan Jokowi karena ter­masuk salah satu Jubir tim kam­panye Jokowi di Pilpres lalu. Di DPR, Ace juga menduduki posisi strategis: wakil ketua Komisi VIII DPR. Jaringan politiknya juga bagus. Diterima kelompok pendukung pemerintah, juga diterima kelompok oposisi.

Baca juga : Penuhi Syarat, Kertajati Siap Layani Penerbangan Haji

Pengamat politik dan Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Saidiman Ahmad yang meyakini po­sisi Menpora akan tetap diisi kader Golkar.

“Secara etis, posisi Menpora yang kosong itu sebaiknya kembali diisi oleh kader partai Golkar. Tidak ada isu mendesak yang membuat presiden harus mengurangi posisi menteri dari salah satu partai besar yang menjadi pen­dukung utamanya,” ujar Saidiman, saat dihubungi, kemarin.

Diketahui, sejumlah nama yang berpotensi menggantikan posisi Zainudin Amali sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) mulai disebut-sebut. Beberapa nama yang sering disebut sebagai peng­ganti Zainudin Amali adalah Ace Hasan Syadzily (Ketua DPD Golkar Jawa Barat dan Ketua Golkar Institute), Ilham Permana (Ketua AMPG), Dito Ariotedjo (Ketua AMPI).

Baca juga : Jokowi Memukau, Gus Yahya Keren

Menurut Saidiman, Golkar memiliki banyak kader potensial, tapi presiden perlu mempertim­bangkan beberapa hal. Pertama, tokoh tersebut memiliki rekam jejak yang baik di bidang olah­raga dan kepemudaan. Kedua, dia adalah loyalis pemerintah. Ketiga, dia memiliki kapabilitas yang baik. Keempat, tokoh terse­but memiliki akseptabilitas yang baik atau relatif bisa diterima oleh banyak kalangan. Kelima, dia juga memiliki integritas, tidak terkait dengan kasus pe­langgaran hukum apa pun.

Terkait siapa yang akan berpe­luang menduduki kursi Menpora, Saidiman menilai Ace Hasan merupakan sosok yang dianggap lebih layak dipertimbangkan.

“Ketua DPD Golkar Jawa Barat, Tb. Ace Hasan Syadzily, adalah kader dan tokoh muda Partai Golkar saat ini yang pal­ing mendekati semua kriteria dan karakter tersebut. Ace memiliki rekam jejak yang sangat baik sebagai aktivis kepemudaan. Ace juga memiliki kapasitas yang sangat baik dengan rekam pendidikan formal sampai ting­kat doktoral di bidang kebijakan publik. Ini sangat dibutuhkan untuk mendorong reformulasi dan perbaikan manajemen kebi­jakan di lingkungan Kemenpora, khususnya sektor olah raga. Ace juga adalah tokoh Golkar yang relatif bersih dan populer,” kata Saidiman.

Baca juga : Matangkan Piala Dunia U-20, Erick Dan Menpora Temui Presiden FIFA

Selain itu, lanjut Saidiman, Ace memiliki rekam jejak se­bagai aktivis, intelektual, dan politikus yang cukup aktif da­lam memberikan solusi dan terobosan baru di lingkungan aktivitasnya. Hal ini bisa dilihat dari aktivitas dan terobosan pe­mikirannya yang hampir selalu mendapatkan liputan media.

“Kemenpora membutuhkan sosok seperti Ace yang bisa berkomunikasi dengan baik dengan publik melalui media,” lanjutnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.