Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dongkrak Partisipasi Pemilih

Bawaslu Ajak Milenial Melek Informasi Pemilu

Selasa, 28 Februari 2023 07:25 WIB
Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Totok Hariyono. (Foto: Bawaslu)
Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Totok Hariyono. (Foto: Bawaslu)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengajak generasi muda bergotong-royong mencegah pelanggaran Pemilu. Salah sa­tunya, dengan melek informasi kepemiluan.

Baca juga : Peringati Hari Berpikir Sedunia, Ganjar Milenial Center Banten Gelar Sekolah Demokrasi

“Generasi muda harus melek informasi untuk meningkatkan kualitas demokrasi,” kata Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Totok Hariyono saat menjadi narasumber dalam seminar nasional bertema Keterbukaan Informasi Publik dalam Mendorong Aksesitas Generasi Z yang Berperan Aktif untuk Sukses Pemilu 2024, di Bandung, Jawa Barat, kemarin.

Baca juga : Ganjar Ajak Petani Milenial Ikut Genjot Produktivitas Padi Di Panen Raya

Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa dan Hukum Bawaslu ini mengatakan, berkaca pada Pemilu 2019, terjadi fenomena berita politik hoaks, uja­ran kebencian, dan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) yang menyesatkan masyarakat. Berita ini digunakan menyerang lawan politik. “Bawaslu berharap peran generasi muda melalui pengawasan partisipatif gotong-royong menciptakan iklim keterbukaan informasi pada Pemilu 2024,” tegasnya.

Baca juga : Andi Yuliani Paris Ajak Pelajar Melek Politik

Karena itu, Bawaslu akan menggandeng generasi muda menyosialisasikan proses, taha­pan, dan jadwal Pemilu Tahun 2024. Pemilih muda juga dimin­ta aktif mengecek apabila sudah memiliki hak pilih, tapi belum terdaftar dalam data pemilih ser­ta melaporkan ke Posko Kawal Hak Pilih Bawaslu. “Kalau be­lum, lapor ke Posko Kawal Hak Pilih Bawaslu. Jangan sungkan juga melaporkan jika terjadi potensi pelanggaran Pemilu di lapangan,” imbaunya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.