Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Andi Yuliani Paris Ajak Pelajar Melek Politik

Kamis, 9 Februari 2023 15:28 WIB
Anggota Badan Pengkajian MPR RI  Dr. Ir. Hj. Andi Yuliani Paris saat menerima kunjungan, sekaligus penyampaian Sosialisasi Empat Pilar MPR kepada  pelajar SMAN 28 Jakarta di Gedung Nusantara V Kompleks Parlemen Jakarta, Rabu (8/2). (Foto: Istimewa)
Anggota Badan Pengkajian MPR RI Dr. Ir. Hj. Andi Yuliani Paris saat menerima kunjungan, sekaligus penyampaian Sosialisasi Empat Pilar MPR kepada pelajar SMAN 28 Jakarta di Gedung Nusantara V Kompleks Parlemen Jakarta, Rabu (8/2). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kesempatan para pelajar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi kini semakin terbuka. Bukan hanya bagi pelajar di kota besar dan dari keluarga mampu saja, tetapi pelajar yang berasal dari daerah terpencil dan dari keluarga kurang mampu pun memiliki kesempatan yang sama. Mereka memiliki kesempatan yang sama untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Kesempatan para pelajar melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi bisa terjadi karena pemerintah memberikan bantuan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan.

Pemerintah juga membantu para mahasiswa melakukan penelitian, agar mereka cepat menyelesaikan sarjananya. Penyelesaian studi tidak akan terbengkalai karena alasan tidak memiliki dana untuk melakukan penelitian.

Baca juga : Ustadz Andian Parlindungan: Perlu Karakter Kuat Untuk Terjun Ke Politik

"Jumlah beasiswa yang diberikan kepada para pelajar itu terus bertambah. Itu artinya kesempatan bagi pelajar di daerah terpencil dan dari keluarga tak mampu untuk melanjutkan Pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi juga tetap terbuka. Karena itu jangan pernah berhenti untuk bermimpi untuk bisa melanjutkan Pendidikan ke jenjang yang lebih Tinggi," kata Anggota Badan Pengkajian MPR RI Dr. Ir. Hj. Andi Yuliani Paris.

Pernyataan itu disampaikan Andi Yuliani Paris saat menerima kunjungan, sekaligus penyampaian Sosialisasi Empat Pilar MPR RI kepada pelajar SMAN 28 Jakarta. Pertemuan itu berlangsung di Gedung Nusantara V Kompleks Parlemen Jakarta, Rabu (8/2). Rombongan pelajar SMAN 28 dipimpin Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Drs. Maryono.

Semakin besarnya kesempatan para pelajar, khususnya dari daerah terpencil maupun dari keluarga kurang mampu menempuh Pendidikan tinggi, menurut Politisi senior dari Partai Amanat Nasional (PAN) ini sesuai amanat UUD NRI tahun 1945.

Baca juga : Anak Presiden Tidak Salah Ikut Berpolitik

Karena baik dalam Pembukaan UUD NRI 1945 maupun pasal 28C, negara memiliki kewajiban untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Saya di dapil Sulsel II sudah sering mendorong dan memfasilitasi para pelajar serta mahasiswa untuk melanjutkan Pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Saya juga mendorong pemasangan listrik di rumah-rumah yang belum teraliri listrik. Dan memasang internet di SMA yang belum memiliki jaringan. Semua itu mendapat respon yang sangat antusias dari masyarakat," terang Andi Yuliani.

Pada kesempatan itu, Andi Yuliani mengingatkan perlunya pelajar, terutama yang sudah memiliki hak pilih untuk memberikan suaranya pada Pemilu 2024.

Baca juga : Elnusa Siap Dilibatkan Dalam Pengembangan Sumur Kolibri

Karena itu, jauh-jauh hari para pelajar juga harus mengenali calon-calon anggota DPR yang akan bertarung pada pemilu nanti.

Ini penting agar pemilihan terhadap para calon didasari dengan alasan yang benar. Bukan seperti memilih kucing dalam karung.

"Para pelajar juga harus berani belajar tentang politik. Apalagi yang bercita-cita jadi politikus. Bagaimanapun, generasi muda adalah pemimpin masa depan. Dan itu sudah bisa dipelajari sejak dini, mulai dari sekarang," pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.