Dark/Light Mode

Pakai 2 Perusahaan Atas Nama Istri

KPK Sebut Rafael Alun Punya Perumahan Di Minahasa Utara Seluas 6,5 Hektare

Rabu, 1 Maret 2023 16:46 WIB
Rafael Alun Trisambodo. (Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka)
Rafael Alun Trisambodo. (Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo memiliki aset berupa perumahan di Minahasa Utara, Sulawesi Utara seluas 6,5 hektare. Perumahan itu dimiliki dua perusahaan atas nama istri Rafael.

"Dimiliki dua perusahaan atas nama istri yang bersangkutan (Rafael Alun Trisambodo). Itu sudah ada di LHKPN-nya," ujar Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan, dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (1/3).

Pahala mengungkapkan, aset perusahaan atau saham di dalam LHKPN yang dilaporkan Rafel termuat dalam surat berharga sebesar Rp 1.556.707.379.

Baca juga : Rafael Ngaku Jeep Rubicon Punya Kakaknya, Harley Belum Terlacak

Rafael memang disebut Pahala mempunyai saham di enam perusahaan yang disampaikan dalam LHKPN. Dua di antaranya, di dua perusahaan tersebut.

"Yang bersangkutan ini melaporkan di LHKPN-nya punya saham di enam perusahaan. Itu ada disebut nama perusahaannya apa saja dan dua dari itu punya di Minahasa Utara," bebernya.

Selain itu, Pahala mengakui pihaknya juga tengah menelusuri harta milik Rafael Alun di Yogyakarta. Namun, ada kendala. 

Baca juga : KPK Sebut Rafael Alun Punya Saham Di 6 Perusahaan

"Yang Jogja agak rumit dibanding Minahasa Utara. Tapi akan saya update kalau sudah ada hasil. Secara singkat mungkin yang Jogja sedang berjalan prosesnya," tegas Pahala.

"Secara singkat mungkin yang Jogja sedang jalan, prosesnya sama, kita lihat ada perusahaannya apa nggak, kalau ada, kepemilikan propertinya kita lihat nama siapa," tandasnya.

Hari ini, KPK memanggil Rafael untuk diklarifikasi soal harta kekayaannya. Dia datang ke Gedung Merah Putih KPK sekitar pukul 09.02 WIB.

Baca juga : Santri Dukung Ganjar Banten Ingatkan Pentingnya Persatuan Dan Kesatuan

Rafael yang mengenakan kemeja batik dibalut jaket hitam menenteng tas hitam. Diduga, tas itu berisi sejumlah dokumen yang menunjukkan bukti kepemilikan hartanya.

Rafael diketahui memiliki harta yang fantastis. Hartanya bahkan jauh melebihi Dirjen Pajak Suryo Utomo. Dan berselisih sedikit dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.