Dark/Light Mode

Kawal Tahapan Pemilu 2024

Polri Siap Kerahkan Personel Dan Alutsista

Sabtu, 4 Maret 2023 07:50 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (kedua kiri) berfoto bersama usai menutup Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Satuan Kerja Slog Polri yang digelar di Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (3/3/2023). (Foto: Humas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (kedua kiri) berfoto bersama usai menutup Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Satuan Kerja Slog Polri yang digelar di Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (3/3/2023). (Foto: Humas Polri)

 Sebelumnya 
Semantara, kepada Rakyat Merdeka, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Benni Irwan memastikan, Pemerintah bakal mengerahkan semua sumber daya supaya Pemilu 2024 berjalan lancar dan sesuai rencana.

Semua elemen Pemerintah, baik di tingkat pusat maupun di tingkat daerah, melakukan berbagai kegiatan dukungan dan memfasilitasi terhadap seluruh tahapan pemilu.

Baca juga : Kapolri Dorong Optimalisasi Fungsi Logistik

“Saat ini semua sedang ber­langsung untuk kesuksesan pe­nyelenggaraan Pemilu 2024,” ujarnya.

Beberapa tahapan Pemilu 2024 yang sedang berjalan, antara lain tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) terhadap daftar pemilih yang akan men­jadi pemilih pada Pemilu 2024.

Baca juga : Jelang Ramadan 2023, Harika Foundation Salurkan Beras untuk Santri

Kemudian, menyiapkan regu­lasi dan juknis yang akan digu­nakan sebagai dasar oleh peserta Pemilu dan penyelenggara Pe­milu di tingkat terbawah.

Benni menyatakan, sejauh ini belum ada hal yang berdampak signifikan dan berpotensi meng­ganggu tahapan pemilu.

Baca juga : Bekas Sekjen Dan Pengurus Partai Berkarya Bedol Desa Ke PSI

Pihaknya hanya menganti­sipasi kondisi cuaca dan akses terhadap sejumlah lokasi yang sulit dijangkau dalam proses coklit pemilih maupun distribusi logistik pemilu.

“Kemendagri terus berkoor­dinasi dengan Penyelenggara Pemilu dan DPR, baik dalam penyusunan regulasi teknis kepemiluan maupun melakukan inisiasi dalam mendukung setiap tahapannya,” tandas Benni. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.