Dark/Light Mode

Orang Pajak Pake Konsultan Pajak Ramaikan Jagat Maya

Rabu, 8 Maret 2023 06:45 WIB
Mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Rafael Alun Trisambodo. (Foto: Tedy Octariawan Kroen/RM).
Mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Rafael Alun Trisambodo. (Foto: Tedy Octariawan Kroen/RM).

RM.id  Rakyat Merdeka - Rafael Alun Trisambodo (RAT) diduga menggunakan jasa dua konsultan pajak. Identitasnya sudah terlacak. Di jagat maya, netizen ramai menanggapi.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengantongi nama konsultan pajak yang diduga menjadi nominee atau peran­tara eks pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Rafael Alun Trisambodo (RAT).

Identitas konsultan tersebut diketahui KPK setelah berkomunikasi dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Baca juga : Moge Bodong Pakai Pelat Nomor Mio...

“Yang kita dapat dua (konsultan pajak). Kita sudah tahu namanya siapa, kita sudah tukeran data, apa yang kita dapat dan apa yang PPATK dapat,” kata Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan di Gedung KPK, Jakarta, kemarin.

Soal kabar konsultan pajak Rafael ka­bur ke luar negeri, Pahala mengaku baru mendengarnya. Dia memastikan, KPK akan mencari cara untuk mengulik harta kekayaan Rafael, meski nominee tersebut belum diketahui keberadaannya.

“Yang penting datanya ada. Kalau su­dah dibekukan kan itu ada rekeningnya,” ujar Pahala.

Baca juga : Santri Dukung Ganjar Gelar Pelatihan Pemulasaraan Jenazah Untuk Majelis Taklim

Pahala menegaskan, KPK telah mer­ancang strategi bersama PPATK guna mengusut dugaan transaksi ganjil Rafael. Akan tetapi, dia menegaskan, KPK harus mengusut pidana pokok atau predicate crime terlebih dahulu.

“KPK akan membuktikan ada kejaha­tan korupsinya dulu, baru Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU)-nya ikut di belakang,” kata dia.

Netizen rame mengomentari soal itu. “Aneh, pegawai pajak seperti Rafael tapi pakai konsultan pajak. Memang sudah ada otak kriminal,” kata @Tandatanya. “Cuma pegawai pajak, tapi pu­nya konsultan pajak, luar biasa,” sindir @AdySonata.

Baca juga : Caleg PAN Okta Ajak Perempuan Maksimalkan Potensi Dan Kreatif

Akun @Cokly_has menimpali. Dia bilang, konsultan pajak yang digunakan Rafael bukan konsultan pajak semba­rangan. Tapi, konsultan pajak sekaligus konsultan pencucian uang pajak pegawai pajak.

“KPK dan PPATK, usut dan bongkar sampai tuntas perkara konsultan pajak yang melibatkan Rafael Alun,” desak @widiatmoko_dedi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.