Dark/Light Mode

Orang Pajak Pake Konsultan Pajak Ramaikan Jagat Maya

Rabu, 8 Maret 2023 06:45 WIB
Mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Rafael Alun Trisambodo. (Foto: Tedy Octariawan Kroen/RM).
Mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Rafael Alun Trisambodo. (Foto: Tedy Octariawan Kroen/RM).

 Sebelumnya 
Menurut @humanitystrive, PPATK te­lah melakukan pemblokiran terhadap rek­ening milik konsultan pajak yang bekerja untuk Rafael Alun Trisambodo. Kini, kata dia, rekening Rafael dan keluarganya juga ikut diblokir.

“KPK langsung koordinasi dengan Polri untuk mengirim red notice ke inter­pol terhadap konsultan pajak Rafael yang kabur ke luar negeri. Menghadapi orang seperti ini harus gerak cepat dan bila perlu blokir paspornya,” ujar @Axel_Ayaya.

Menurut @GoUnlimited, konsultan pajak pasti berafilisasi dengan konsultan pajak di luar negeri, sehingga, sudah saat­nya Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memperketat konsultan pajak dan keuan­gan. “Termasuk Kantor Akuntan Pajak (KAP) dari luar negeri,” sarannya.

Baca juga : Moge Bodong Pakai Pelat Nomor Mio...

Akun @Andie_Santoso memastikan, masih banyak pegawai pajak model Rafael ini. Dia mendesak KPK mengejar kekayaan pegawai pajak yang tidak lo­gis. “Jangan yang dikejar yang viral-viral saja. Bener-benar penegak hukum yang aneh,” sindirnya.

Akun @duljoni mengungkap, ada ok­num pegawai pajak main mata dengan konsultan pajak agar pajaknya perusa­haan dikurangi. Sisanya, kata dia, mereka bagi-bagi.

“PPATK harusnya bekerja seperti intel agar tahu ada harta kekayaan pejabat yang mencurigakan langsung ditindak lebih dini,” ujar @Dek_hans.

Baca juga : Santri Dukung Ganjar Gelar Pelatihan Pemulasaraan Jenazah Untuk Majelis Taklim

Akun @Willy kesal rakyat suruh bayar dan taat pajak, tapi pegawai pajaknya malah nilep pajak.

Kata @MLT, sita semua harta pegawai pajak yang korupsi dan memperkaya diri serta lelang aset mereka untuk negara.

“Jangan lupa banyak pegawai pajak yang terima uang cash dari wajib pajak (WP) untuk menyuap. KPK harua periksa rumah semua pegawai pajak yang ber­hubungan langsung dengan WP,” saran @Gatot_Santoso.

Baca juga : Caleg PAN Okta Ajak Perempuan Maksimalkan Potensi Dan Kreatif

Sementara, @Ceu_Odah tidak yakin KPK bakal mengusut kasus pajak yang melibatkan Rafael Alun Trisambodo. Dia menduga ini hanya gebrakan sesaat. Kata dia, seiring waktu ketika masyarakat sudah lupa, kasus ini akan dihentikan.

“Pejabat KPK kebanyakan berkoar. Gerak senyap saja, tapi hasilnya mantab,” kata @Anak_ibu.

“Sebetulnya, konsultan pajak bukan ka­bur ke luar negeri, tapi mengamankan aset dulu di luar negeri dan kemudian balik ke Indonesia,” kata @Hengki.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.