Dark/Light Mode

Dapat Rumah Dinas

Siap Nggak Siap, ASN Yang Jomblo Kudu Pindah Ke IKN

Kamis, 9 Maret 2023 06:45 WIB
Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Dhony Rahajoe memberikan keterangan kepada awak media di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (8/3/2023). (ANTARA/Gilang Galiartha).
Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Dhony Rahajoe memberikan keterangan kepada awak media di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (8/3/2023). (ANTARA/Gilang Galiartha).

RM.id  Rakyat Merdeka - Siap-siap ya. Sebanyak 16.990 Aparatur Sipil Negara (ASN) dari kementerian/lembaga dan pertahanan/keamanan bakal pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN) tahun 2024. Setengahnya, akan dipilih pegawai yang jomblo alias belum menikah.

Wakil Ketua Otorita IKN Dhony Rahajoe mengatakan, nantinya para pegawai yang berstatus single itu akan menempati satu hunian yang sama bersama-sama. 1 unit hunian tipe 98 meter persegi dengan 3 kamar akan ditinggali lebih dari satu pegawai negeri sipil.

“Kita perhitungkan 50 persen yang single. Single yang pindah, itu akan shar­ing. Jadi, dihitungnya 1 unit tipe 98 yang kecil itu 3 kamar bisa sharing,” ungkap Donny di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, kemarin.

Baca juga : 47 Tower Siap Dibangun Untuk Rumah Dinas ASN, TNI, dan Polri di IKN

Dia menjelaskan, hunian bagi ASN itu merupakan rumah dinas jabatan. Nantinya, jika ASN tersebut pensiun atau mendapatkan tugas lain, maka rumah itu bisa ditempati oleh ASN baru.

Untuk diketahui, pada 2024 ditargetkan tersedia 8.000 rumah yang dibiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), serta sisanya akan dicari dari investor. Saat ini, sudah ada tiga investor dari dalam dan luar negeri yang akan mem­bangun perumahan bagi ASN di IKN.

Nilai investasi yang dikantongi menca­pai Rp 41 triliun. Tiga investor itu, yakni PT Summarecon Agung, konsorsium CCFG Corp-PT Risjadson Brunsfield Nusantara (CCFG-RBN) dan Korea Land and Housing Corporation (KLHC).

Baca juga : Jawa Adalah Kunci, Siapa Menguasai, Dia Menang Pemilu

“Rencana Rp 41 triliun. Ada tiga perusahaan yang sudah dapat izin prinsip pelaksanaan. Tetapi itu nanti ada FS-nya (Feasibility Study) segala macam. Dari 59 lobi, kita sudah ada 3 proses maju,” kata Dhony.

Dia menyebut, masih banyak investor dari luar negeri mengajukan penawaran. Antara lain Jepang, Australia, dan Korea Selatan. Namun, dia ingin memastikan tetap menjaga pengawasan kualitas saat ini.

“Kita juga ingin buat acuan standar sendiri yang kita kuasai mengenai kawasan, kualitas bangunan, kualitas lingkungan, itu kalau bisa kita kuasai semua. Cuma kita benchmark ke yang punya pengala­man,” tegasnya.

Baca juga : Pemerintah Siapkan 4 Skenario Pemindahan ASN Ke IKN

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengatakan, skema pemindahan ini sudah dibahas pada sidang kabinet. “Total 11.274 ASN dari 35 kementerian dan lembaga yang akan pindah,” jelas Anas.

Anas menyampaikan, Pemerintah menargetkan personel TNI dan Polri yang pindah ke IKN sebanyak 5.716. Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Madya yang akan dipindah sebanyak 193, sedangkan PPT Pratama sebanyak 964.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.