Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mesra Di Jateng, Prabowo-Ganjar Duet Ideal Pilpres 2024

Kamis, 9 Maret 2023 17:49 WIB
Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo kala mendampingi Presiden Jokowi di acara panen raya di Desa Lejer, Kecamatan Ambal, Kebumen, Kamis (9/3). (Foto: Istimewa)
Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo kala mendampingi Presiden Jokowi di acara panen raya di Desa Lejer, Kecamatan Ambal, Kebumen, Kamis (9/3). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin menilai, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto jika berduet dengan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo akan menjadi pasangan ideal duet Pilpres 2024.

"Pak Prabowo punya pengalaman sebagai capres. Jadi, konstruksi yang ideal bisa saja Prabowo berdampingan dengan Ganjar. Artinya, Prabowo Capres dan Ganjar sebagai Cawapres nya," ujar Ujang, melalui keterangan tertulis ke RM.id, Kamis (9/3).

Pernyataan ini merupakan respon atas kemesraan Prabowo dan Ganjar kala mendampingi Presiden Jokowi di acara panen raya di Desa Lejer, Kecamatan Ambal, Kebumen, Kamis (9/3).

Baca juga : Ajak Ganjar-Prabowo Kunker, Sinyal Kuat Dukungan Jokowi Di Pilpres 2024?

Kebersamaan keduanya semakin menguatkan wacana duet Prabowo-Ganjar untuk Pilpres 2024. Ujang mengungkapkan, alasannya menyebut duet ideal karena Prabowo sudah dua kali berpengalaman maju untuk Capres.

Sementara, Ganjar belum pernah menjadi kontestan. Lantas, Ganjar selayaknya menjadi pendamping Prabowo di pesta demokrasi mendatang.

"Ya, bagus positif dan menjadi sesuatu yang rasional saja. Karena kan survei juga mengatakan Prabowo-Ganjar dan Anies selalu masuk tiga besar," sebutnya.

Baca juga : Debut Tampil Bareng, Idealnya Prabowo Capres, Ganjar Cawapres

Pun jika melihat beberapa survei yang ada saat ini, terlihat Prabowo-Ganjar paling kuat dan cocok untuk bisa bersaing dengan sejumlah nama Capres dan Cawapres lainnya.

"Ini jadi kelebihan jika dipasangkan Prabowo Capres dan Ganjar Cawapresnya," jelasnya.

Terlebih, dalam "debut" Prabowo-Ganjar tampil bersama di Kebumen, Ujang menilai Jokowi dekat dengan kedua tokoh tersebut. Apalagi di beberapa kesempatan, Jokowi seperti mengindikasikan dukungan secara khusus bahwa 2024 adalah giliran Prabowo untuk menjadi Presiden.

Baca juga : Prabowo-Ganjar Tampil Bareng Dampingi Jokowi, Wacana Duet Di Pilpres Menguat

"Dalam konteks restu Jokowi, kita tahu Pak Prabowo dekat dengan Jokowi, saat ini sebagai Menhan, artinya menjadi pembantunya Pak Jokowi di pemerintahan. Lalu, sama pak Ganjar juga dekat," pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.