Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tak Pandang Senioritas

Duet Ganjar Pranowo-Prabowo Subianto Seperti Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin

Senin, 13 Maret 2023 06:04 WIB
Momen akrab Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat meninjau panen raya di ladang sawah Ambal, Kabupaten Kebumen, Jateng, Kamis (9/3). (Foto: Ist)
Momen akrab Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat meninjau panen raya di ladang sawah Ambal, Kabupaten Kebumen, Jateng, Kamis (9/3). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pendapat publik dan kalangan partai politik soal duet Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto untuk Pilpres 2024 terus bergulir sepekan ini. 

Terbaru, pengamat politik Adi Prayitno mengatakan dalam upaya memasangkan kedua tokoh itu tidak harus menimbang senioritas melainkan melihat faktor-faktor lainnya seperti elektabilitas.

Adi mengatakan senioritas bukan lagi menjadi penghalang saat ini untuk menjadi capres cawapres. 

Dia mencontohkan soal Presiden Joko Widodo yang sudah dua kali mendapatkan cawapres yang lebih senior dan berpengalaman darinya.

Baca juga : Hadirkan Sederet Artis Top, Pesta Rakyat Ganjar Pranowo #5 Digelar Di Palembang

"Kalau Pak Prabowo lebih senior memang tidak bisa dibantah tetapi di pilpres kita 2014 dan 2019, Jokowi juga memiliki cawapres yang lebih senior. Pak JK dan Ma'ruf Amin. Namun, elektabilitas dan dukungan untuj Jokowi lebih unggul saat itu. Jokowi didukung PDIP partai yang suaranya terbanyak dan secara personal elektabilitas Jokowi lebih tinggi dari JK dan Kiai Ma'ruf," ujar Adi saat dihubungi pada Minggu (12/03).

Dia mengingatkan bahwa saat ini kondisi Ganjar pun serupa dengan Jokowi kala pilpres lalu.

Ganjar meraih elektabilitas lebih tinggi dari Prabowo Subianto di beberapa survei saat ini. Posisi Prabowo disebutnya sebagai runner up untuk tingkat elektabilitas capres menjelang 2024.

Oleh karena itu, tambahnya, partai pendukung tentu akan melihat elektoral tertinggi personal untuk dijadikan capres.

Baca juga : Wacanakan Usung Ganjar Pranowo Dan Dipuji Jokowi, Elektabilitas PAN Beranjak Naik

"Bila PDIP nanti umumkan capresnya Ganjar Pranowo, maka jelas PDIP secara elektabilitas juga lebih tinggi dari Gerindra sehingga tidak mungkin Ganjar dijadikan cawapres," tegasnya.

Diakuinya, sejak awal Gerindra memang sudah memasang harga mati untuk pencapresan Prabowo Subianto. 

Namun, lanjut Adi, bila pertimbangan Gerindra karena senioritas, maka hal itu belum tentu bisa dijadikan pertimbangan yang kuat.

diketahui, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo dalam sebuah pernyataannya di media massa mempersilakan Ganjar Pranowo duet dengan Prabowo Subianto di Pilpres 2024 tetapi sebagai cawapres.

Baca juga : Ajak Ganjar-Prabowo Kunker, Sinyal Kuat Dukungan Jokowi Di Pilpres 2024?

Menurut Hashim, Prabowo lebih cocok menjadi cawapres karena usianya dan pengalamannya jauh lebih senior dibanding Ganjar Pranowo.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.