Dark/Light Mode

Literasi Digital Sektor Pendidikan Untuk Dosen, Mahasiswa, dan Tenaga Pendidik di Aceh

Rabu, 22 Maret 2023 22:00 WIB
Literasi Digital Sektor Pendidikan di Aula Auditorium UIN Ar-Raniry, Kota Banda Aceh. (Foto: Istimewa)
Literasi Digital Sektor Pendidikan di Aula Auditorium UIN Ar-Raniry, Kota Banda Aceh. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Khairuddin menegaskan bahwa literasi digital tersebut berkaitan erat dengan dunia pendidikan. “Begitu pentingnya literasi digital dewasa ini, mengharuskan kecakapan literasi digital ditanamkan pada masyarakat melalui dunia pendidikan, karena generasi muda merupakan pengguna teknologi digital yang sangat aktif," ujarnya.

Ketua Tim Literasi Digital Sektor Pendidikan, Bambang Tri Santoso menyampaikan materi mengenai urgensi toleransi di ruang digital pada sesi berikutnya. Menurut Bambang, toleransi menjadi hal yang difokuskan Kemenkominfo untuk membentuk ruang digital yang sehat dan ramah.

Baca juga : Kuliah Umum Di Unpad, Mentan Ajak Mahasiswa Wujudkan Pertanian Presisi

“Selain menyediakan atau membangun infrastruktur internet, Kemenkominfo juga berusaha membangun lingkungan yang ramah agar aktivitas digital berjalan dengan baik," ujar Bambang.

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry, Dr. Ir. Dirhamsyah menjelaskan, peluang dan tantangan dalam transformasi digital pada perguruan tinggi, sebagai user (pengguna), literasi digital, Islam dan harus diwujudkan dalam satu kesatuan yang utuh.

Baca juga : Kolaborasi Ciptakan Pendidikan Vokasi Yang Adaptif Dan Berkelanjutan

Sementara itu, Kepala Bidang Layanan E-government Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Aceh, Hendri Dermawan, menyebutkan, kolaborasi pemerintahan Aceh dan masyarakat dalam mewujudkan internet positif.

Menurut Hendri, usaha yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan internet positif tidak akan mencapai titik maksimal bila tidak adanya andil dari masyarakat.

Baca juga : Lestari Ajak Lembaga Pendidikan Bangun Kesadaran Toleransi

Ia menambahkan, untuk mewujudkan ini tidak hanya menjadi tugas pemerintah tapi juga menjadi tugas semua pihak, baik itu di dunia pendidikan, di dunia bisnis atau masyarakat sekalipun.

"Tugas kita ke depannya adalah berkolaborasi untuk mengantar masyarakat Aceh masuk ke ruang digital yang baik," pungkas Hendri. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.