Dark/Light Mode

Pejabat Hidup Mewah Mewabah

Di Ditjen Pajak Pamer Moge, Di Bea Cukai Pamer Pesawat

Rabu, 1 Maret 2023 08:00 WIB
Kepala Badan Pengawas Bea dan Cukai Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Eko Darmanto. (Foto: Instagram @beacukaiyogyakarta).
Kepala Badan Pengawas Bea dan Cukai Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Eko Darmanto. (Foto: Instagram @beacukaiyogyakarta).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pejabat hidup mewah kini kian mewabah. Terutama di Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Sampai-sampai netizen menjulukinya sebagai kementerian sultan. Bagaimana enggak? Pejabat di dua Ditjen Kemenkeu seakan saling beradu kekayaan. Di Ditjen Pajak pamer motor gede (moge), di Bea Cukai pamer pesawat.

Sejak kasus penganiayaan yang dilakukan oleh Mario Dandy, salah seorang anak pejabat pajak tajir Rafael Trisambodo, menyeruak ke permukaan, gaya hidup pejabat pajak jadi sorotan. Akun medsos mereka dipelototin, Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) mereka diperiksa.

Hasil penelusuran netizen, ternyata pejabat pajak banyak yang punya moge. Bahkan, mereka membentuk klub moge yang bernama Belasting Rijder. Gara-gara ini, pejabat pajak pun makin jadi omongan.

Baca juga : DPR: Audit Kekayaan Pejabat, Pulihkan Kepercayaan Publik

Mengetahui, para pejabat pajak disorot netizen, Menteri Keuangan Sri Mulyani tak tinggal diam. Dia meminta, klub motor pejabat pajak dibubarin, Pajabat juga diminta untuk tidak pamer kekayaan.

Setelah pejabat pajak, kini tingkah laku pejabat bea cukai juga disorot netizen. Pasalnya, ada pejabatnya yang hobi memamerkan kehidupan bergelimang harta. Bukan cuma moge yang dipamerkan, tapi juga pesawat.

Namanya Eko Darmanto, Kepala Badan Pengawas Bea dan Cukai Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Salah seorang abdi negara ini kerap memamerkan kekayaannya di Instagram lewat akun @Eko_Darmanto_BC.

Baca juga : KPK Sembunyikan Hasil Pemeriksaan Harta Rafael

Tapi tak lama setelah viral, akun tersebut menghilang. Meskipun demikian, netizen sudah punya tangkapan layarnya dan kadung tersebar luas hingga dirujak netizen di sosial media. Dari tangkapan layar tersebut menunjukkan foto berbagai koleksi barang mewah. Mulai dari motor gede (moge), mobil antik, hingga pesawat Cessna.

Dengan koleksi barang mewah sebanyak itu, berapa kekayaan Eko? Jika dicek di elhkpn.kpk.go.id, Selasa (28/2), Eko punya kekayaan bersih Rp 6,72 miliar. LHKPN Eko periode 2021 itu dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 15 Februari 2022.

Kekayaan itu terdiri dari tanah dan bangunan seluas 240 m2/410 m2 di Malang yang berasal dari hibah tanpa akta dan tanah bangunan seluas 327 m2/342 m2 di Jakarta Utara yang merupakan hasil sendiri. Total kekayaan dari sumber ini mencapai Rp 12,5 miliar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.