Dark/Light Mode

Magister MIM FTUI Cetak Lulusan Pertama

Selasa, 28 Maret 2023 19:51 WIB
Mahasiswa Program Magister Manajemen Integritas Material, Departemen Teknik Metalurgi dan Material Fakultas Teknik Universitas Indonesia MIM DTMM FTUI) Triadi Panthun Tiggor  menjadi lulusan pertama dalam Wisuda Universitas Indonesia (UI) Tahun Akademik 2022/2023,Sabtu (11/3). (Foto: Ist)
Mahasiswa Program Magister Manajemen Integritas Material, Departemen Teknik Metalurgi dan Material Fakultas Teknik Universitas Indonesia MIM DTMM FTUI) Triadi Panthun Tiggor menjadi lulusan pertama dalam Wisuda Universitas Indonesia (UI) Tahun Akademik 2022/2023,Sabtu (11/3). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mahasiswa Program Magister Manajemen Integritas Material, Departemen Teknik Metalurgi dan Material Fakultas Teknik Universitas Indonesia MIM DTMM FTUI) Triadi Panthun Tiggor patut berbangga. Pasalnya, dalam Wisuda Universitas Indonesia (UI) Tahun Akademik 2022/2023,Sabtu (11/3), Triadi yang merupakan lulusan pertama Magister MIM DTMM FTUI dan berhasil meraih IPK nyaris sempurna, 3,92 dengan waktu tempuh hanya 3 semester (1,5 tahun).

Melalui tesisnya yang berjudul "Penerapan Sistem Manajemen Integritas pada Perpanjangan Umur Layan Fasilitas Produksi Lepas Pantai", Triadi mengusulkan kerangka kerja dalam menerapkan manajemen risiko untuk pemilihan Material Konstruksi (MoC) yang dilakukan untuk menunjukkan risiko dalam mempertimbangkan dan mengevaluasi perpanjangan umur layan fasilitas produksi lepas pantai.

"Usulan kerangka kerja ini dapat meningkatkan kepercayaan dalam menempatkan hasil penilaian pada proses pengambilan keputusan yang tepat serta dapat meningkatkan sistem manajemen integritas pada perpanjangan umur layan fasilitas produksi lepas pantai. Sebagai kelanjutan dari penelitian ini, ada beberapa hal perlu dikembangkan, yaitu pendekatan inspeksi berbasis risiko dan pemanfaatan Utilizing Nonlinear stochastic Modelling," kata Triadi dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa (28/3).  

Baca juga : Literasi Bantu UMKM Kembangkan Usaha

Triadi mengaku sangat bersyukur bisa lulus perdana dengan IPK cum laude. Dia pun merasa bersyukur dan beruntung karena bisa mengenyam pendidikan di MIM DTMM FTUI. 

"Saya percaya ilmu ini akan bermanfaat dalam membuat keputusan yang lebih baik guna memberikan sumbangan positif bagi perusahaan," jelas Triadi. 

Dalam mengerjakannya tesisnya, Triadi yang juga bekerja di Pertamina Hulu Mahakam, dibimbing oleh Dr. Ir. Jaka Fajar Fatriansyah yang juga merupakan Ketua Program Studi MIM DTMM FTUI, dan praktisi Ir. Adam Maulana Musthafa.

Baca juga : Keren, Mahasiswi Kembar ITS Lulus Dengan Predikat Cumlaude

Dekan FTUI Prof. Dr. Heri Hermansyah mengemukakan bahwa Program Studi (Prodi) MIM yang baru dibuka pada 2021 disambut dengan antusias oleh pelaku, konsultan, dan pembuat kebijakan pada industri perawatan fasilitas fisik dan produksi. 

Dia menerangkan program studi yang terhitung masih sangat muda ini telah menghasilkan lima karya ilmiah yang dimuat di Jurnal Internasional. Penelitiannya, kata dia, berkolaborasi dengan perusahaan minyak dari Qatar dan satu prosiding Konferensi Internasional.

"Harapan ke depannya, Prodi MIM FTUI dapat terus menghasilkan lulusan terbaik, berkualitas, dan kompeten di bidang Manajemen Integritas Material,” ujar dia.

Baca juga : Manokwari Diyakini Jadi Lumbung Padi Pertama Papua

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RMid. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.