Dark/Light Mode

Dito Ariotedjo, Calon Menpora Baru Lulusan SMA 6 Jakarta dan FHUI

Senin, 3 April 2023 13:04 WIB
Dito Ariotedjo. (Foto: Instagram/@ditoariotedj
Dito Ariotedjo. (Foto: Instagram/@ditoariotedj

RM.id  Rakyat Merdeka - Siapapun yang pernah bersekolah di SMA Negeri 6 Jakarta patut berbangga hati. Karena salah satu lulusannya, yakni Dito Ariotedjo disebut-sebut bakal dilantik sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Tentu bukan Dito saja lulusan SMA Negeri 6 Jakarta yang menduduki posisi mentereng di republik ini. Tokoh ternama lainnya, baik yang berprofesi sebagai politisi, birokrat, militer artis hingga pengusaha juga hasil didikan sekolah berstatus Sekolah Standar Nasional dengan akreditasi A ini.

Sebut saja mantan Panglima TNI Andika Perkasa, Mantan Gubernur Banten dan juga aktris Rano Karno, Mantan Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf, Jurnalis Najwa Shihab, Komposer Erwin Gutawa, pengacara senior Adnan Buyung Nasution hingga aktris Revalina S Temat.

Baca juga : Ini Profil Dito Ariotedjo, Calon Menpora Baru Yang Benar-benar Anak Muda

Kini giliran Dito yang lagi naik daun. Banyak jabatan mentereng yang dipegang oleh politisi yang juga pengusaha lulusan usia 32 tahun ini. Diantaranya adalah Tenaga Ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian). Dito adalah tenaga ahli termuda dari 7 tenaga ahli Menko Airlangga Hartarto.

Jika benar dilantik sebagai Menpora oleh Presiden Jokowi, maka Dito bisa dikatakan adalah Menpora termuda dalam sejarah Indonesia.

Putra bungsu Arie Prabowo Ariotedjo dan Arti Laksmigati Ariotedjo ini juga menjabat sebagai Komisaris Utama di sejumlah perusahaan, yaitu PT. Kartika Kara Eka Nusa serta Syailendra Pangan Indonesia.

Baca juga : Hari Ini, Dito Ariotedjo Bakal Jadi Menpora Termuda, Usianya 32 Tahun

Dito juga merintis berbagai usaha di bidang energi, pertahanan, co-working space, dan start-up lain di bawah induk perusahaan yang bernama Grapura Ventures.

Secara garis besar, riwayat pendidikan Dito dimulai dari SD Tarakanita 2 Jakarta. Tamat di sana, ia melanjutkan ke SMP Al-Izhar Jakarta, baru kemudian masuk SMA Negeri 6 Jakarta.

Setelah menamatkan SMAN 6 Jakarta, Dito kuliah di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI). Di sini pula pengalaman berorganisasinya ditempa.

Baca juga : Dito Ariotedjo, Calon Kuat Menpora Baru

Ia pernah didapuk sebagai Bendahara Umum Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FHUI hingga anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Saat mahasiswa, Dito juga adalah tukang demo. Ia pernah menggelar aksi untuk menggagalkan pembangunan gedung baru DPR.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.