Dark/Light Mode

Jayapura Kini Punya Perpustakaan Megah, Diharapkan Tingkatkan Literasi Masyarakat

Selasa, 11 April 2023 10:40 WIB
Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando (berkemeja putih) dan Sekretaris Daerah Kabupaten Jayapura Hana Salomina Hikayobi meresmikan Gedung Perpustaan Umum Daerah Jayapura, Selasa (11/4). (Foto: Dok. Perpusnas)
Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando (berkemeja putih) dan Sekretaris Daerah Kabupaten Jayapura Hana Salomina Hikayobi meresmikan Gedung Perpustaan Umum Daerah Jayapura, Selasa (11/4). (Foto: Dok. Perpusnas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tabuhan gendang tifa menandai secara resmi dibukanya Gedung Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Jayapura, Selasa (11/4). Pembangunan gedung perpustakaan ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2022 senilai Rp 10 miliar. Hadirnya gedung perpustakaan baru ini diharapkan bisa bermanfaat untuk meningkatkan SDM lewat program-program literasi di Kabupaten Jayapura.

Bangunan perpustakaan tiga ini lantai berdesain buku terbuka berkelir merah dan putih dan berdiri di atas lahan seluas 420 meter persegi di tengah hamparan hijau pepohonan di sekitar. Sedikitnya 6.000 eksemplar bahan bacaan tersedia di perpustakaan ini.

Baca juga : Kapolri Ingin Pastikan Mudik Aman Untuk Masyarakat...

Sekretaris Daerah Kabupaten Jayapura Hana Salomina Hikayobi mengharapkan, keberadaan gedung perpustakaan ini benar-benar dapat memenuhi kebutuhan informasi dan pengetahuan secara lengkap dan luas untuk masyarakat, terutama kepada generasi muda Kabupaten Jayapura.

“Bukan hanya tempat untuk membaca tetapi menjadi tempat diskusi, menggali informasi, membicarakan dan membahasnya dalam kelompok-kelompok kecil sehingga bisa menginspirasi yang lain,” imbuh Hana.

Baca juga : Tinjau Pelabuhan Merak, Kapolri Pastikan Wujudkan Mudik Aman Untuk Masyarakat

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando memberikan hibah sebanyak 14 juta koleksi buku digital yang bisa diakses melalui aplikasi milik Perpusnas, seperti Indonesia One Search (IOS), iPusnas, dan Bintang Pusnas.

Baca juga : Wagub Jabar: Bulan Ramadan Momentum Tingkatkan Kepedulian Terhadap Sesama

“Semuanya gratis dan bisa dinikmati masyarakat untuk mendukung program merdeka belajar melalui akses digital pada semua jenjang pendidikan sekolah/madrasah dan perguruan tinggi,” terang Syarif Bando.

Kehadiran perpustakaan, tambah Syarif, harus benar-benar dimaksimalkan mengingat perpustakaan adalah universitas sejati saat ini, tempat menimba ilmu gratis, dan tidak memerlukan beasiswa atau apapun.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.