Dark/Light Mode

Taraweh Bareng, Jumatan Bareng, Blusukan Bareng

Sinyal Dukungan Jokowi Ke Ganjar

Rabu, 12 April 2023 08:00 WIB
Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melaksanakan salat taraweh di Masjid Syekh Al Zayed, Surakarta, Jawa Tengah, Senin (10/4) malam. (Foto: BIRO PERS).
Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melaksanakan salat taraweh di Masjid Syekh Al Zayed, Surakarta, Jawa Tengah, Senin (10/4) malam. (Foto: BIRO PERS).

 Sebelumnya 
Keakraban Jokowi dengan Ganjar yang dimulai sejak Kamis (6/4) lalu. Saat itu, Ganjar menyambut kedatangan Jokowi yang menumpang pesawat Kepresidenan RI-1. Ini adalah pertemuan pertama kali keduanya setelah heboh pembatalan Piala Dunia U-20.

Keesokan harinya, Ganjar dan Jokowi kembali bertemu saat Jumatan bareng di Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo.

Baca juga : Gerakan Passeddingeng Kenalkan Sosok Ganjar Ke Masyarakat Bone

Ganjar kemudian terpantau mendampingi Jokowi saat blusukan ke Pasar Selo, Boyolali. Dalam kunjungan kali ini, keduanya tampak mesra dalam mobil sedan hitam berpelat “Indonesia”.

Apa makna kedekatan Jokowi dengan Ganjar selama berhari-hari ini? Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya menilai kebersamaan Jokowi bersama Ganjar itu, ingin menunjukkan bahwa jangan sampai perbedaan di Piala Dunia U-20 ditafsirkan ada perubahan sikap dari Jokowi ke Ganjar. Ia percaya, apa yang dilakukan Jokowi itu, bagian dari meng-endorse Ganjar.

Baca juga : Kembali Blusukan Bareng, Jokowi-Ganjar Tetap Mesra

Menurut Yunarto, dari persamaan latar belakang partai, lalu kemudian hubungan historis Jokowi dan Ganjar, serta gaya kepemimpinan yang sama, sulit rasanya diterjemahkan ada perbedaan sikap seketika hanya karena perbedaan sikap dalam Piala Dunia U-20 kemarin.

“Jadi saya kira, apa ingin ditunjukkan Jokowi kemarin itu adalah: saya masih mengendorse Ganjar,” kata Yunarto, saat dikontak Rakyat Merdeka, tadi malam.

Baca juga : Wulan Guritno, Liburan Bareng Sabda Dan Anak

Yunarto mengungkapkan, publik bisa membaca pola kalau Jokowi ingin meng-endorse seseorang. Salah satunya adalah dengan menonjolkan seseorang saat melakukan kegiatan bersama-sama. Dan, itu nampak sekali dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan baru-baru ini. Mulai dari satu mobil bersama, lalu blusukan di pasar, salat jumat dan taraweh bersama.

Yunarto mengungkapkan, walaupun saat blusukan itu berbarengan dengan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, tapi yang selalu berdiri di depan itu Ganjar dan Jokowi. “Saya melihat dan berspekulasi, memang itu sengaja dilakukan untuk membantah keretakan hubungan keduanya,” ulasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.