Dark/Light Mode

Milenial Kukar Jangan Sampai Kehilangan Momentum Pembangunan IKN

Rabu, 19 April 2023 09:05 WIB
Ketua Himpunan Mahasiswa (HIMA) STIE Tenggarong Soni Saputra. (Foto: Istimewa)
Ketua Himpunan Mahasiswa (HIMA) STIE Tenggarong Soni Saputra. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) merupakan mitra strategis terhadap pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) Nusantara Ada sebagian wilayah Kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara yakni Samboja, Samboja Barat, Muara Jawa, Sanga-Sanga, Loa Kulu, Loa Janan yang masuk ke dalam wilayah pengembangan IKN.

Menyikapi hal itu, Ketua Himpunan Mahasiswa (HIMA) STIE Tenggarong Soni Saputra mengungkapkan sejumlah dampak yang akan dialami imbas IKN Nusantara.

Menurutnya, perekonomian di Kabupaten Kukar bakal lebih meningkat lantaran masuknya berbagai invetasi baik lokal maupun asing ke IKN. Untuk itu, diperlukan penguatan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar bisa berkolaborasi dan menembus pasar IKN.

Baca juga : iBox Hadirkan Berbagai Promo Untuk Kejutan Momen Lebaran

"Banyak peluang bisnis dan lapangan kerja yang terbuka. Mahasiswa jangan mau tertinggal untuk mengambil momentum ini," kata Soni kepada wartawan dalam keterangannya di Kalimantan Timur, Rabu (19/4).

Ia menambahkan, kehadiran IKN juga memeratakan infrastruktur. Akan ada pembangunan dan perbaikan jalan secara besar-besaran. Sehingga, akses menuju wilayah hulu Mahakam juga lebih mudah dilintasi. Hal ini akan berdampak pada kemajuan pariwisata di sana.

"Wisata yang belum terjangkau aksesnya dipastikan akan mulai bermunculan. Seperti di wilayah hulu Mahakam yang banyak air terjun namun masih belum disentuh," ungkapnya.

Baca juga : Perbedaan Idul Fitri Adalah Rahmat, Jangan Sampai Dijadikan Alat Perpecahan

Soni menuturkan, pembangunan IKN juga akan membawa kemajuan dalam dunia pendidikan. Berdirinya perguruan tinggi akan semakin banyak di Kukar.

Sebab itu, lanjutnya, mahasiswa harus mempunyai peran dalam menciptakan momen-momen inspiratif dalam perkembangan pembangunan Ibu Kota Nusantara.

Menurutnya, saat ini yang harus dipikirkan adalah kontribusi mahasiswa dan pemuda. Soni tidak ingin generasi muda Kutai Kartanegara tidak mempunyai kontribusi terhadap pembangunan IKN.

Baca juga : Kejar Target RPJMN, BNPP Kebut Pembangunan 26 PLBN

"Kita sebagai generasi muda harus sudah siap dengan kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan. Kebutuhan Ibu Kota Negara Nusantara adalah SDM yang mumpuni," pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.