Dark/Light Mode

Waspada Asam Urat, Jangan Terlena Makanan Enak Di Momen Lebaran

Kamis, 13 April 2023 19:02 WIB
Ilustrasi menu di Hari Raya Idul Fitri (Foto: Istimewa)
Ilustrasi menu di Hari Raya Idul Fitri (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari Raya Idul Fitri selalu identik dengan ragam makanan khas Lebaran. Semisal gulai dan opor ayam, lontong sayur, minuman manis, hingga berbagai jenis cemilan.

Namun, Anda perlu waspada. Jangan sampai, muncul akhir yang kurang nikmat, di balik lezatnya menu Lebaran. Salah satunya, peningkatan kadar asam urat dalam tubuh.

Spesialis Penyakit Dalam Eka Hospital Pekanbaru, dr. Hady M.Med (Int. Med) Sp.PD mengatakan, asam urat rentan meningkat di saat Hari Raya Idul Fitri. Alasannya, pola makan cenderung tidak terjaga selama masa Lebaran.

"Risiko itu akan meningkat, apabila Anda memiliki beberapa faktor risiko seperti obesitas/kelebihan berat badan, dengan kondisi medis tertentu. Semisal tekanan darah tinggi, penyakit ginjal, sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, dan punya riwayat asam urat dalam keluarga," jelas dr. Hady. 

Dia pun menguraikan enam makanan dalam menu Lebaran, yang berisiko meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Berikut rinciannya:

1. Daging merah

Beberapa jenis gulai daging merah pada saat Lebaran  seperti daging sapi dan kambing, dapat menyebabkan kadar asam urat meningkat karena mengandung kadar purin tinggi.

Tak heran, makanan ini sering menjadi sumber penyebab peningkatan asam urat selama masa Lebaran. Apalagi, menu tersebut sering menjadi menu santapan utama.

Baca juga : Ramadhan Berbagi, Garudafood Ajak Puluhan Anak Yatim Belanja Kebutuhan Lebaran

2. Jeroan

Jeroan kadang juga ditemukan dalam jajaran menu perayaan hari lebaran. Beberapa jenis jeroan seperti hati sapi, otak sapi, maupun usus ayam dipercaya dapat berkontribusi dalam peningkatan kadar asam urat dalam tubuh, karena memiliki kadar purin yang sangat tinggi.

3. Minuman manis

Banyak orang tahu, jika minuman manis berperan dalam peningkatan kadar gula darah seseorang.

Namun, tahukah Anda, beberapa minuman manis dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh?

Faktanya, beberapa minuman manis seperti minuman bersoda dan jus kotak memiliki kadar fruktosa yang tinggi. Sementara tubuh kita, dapat memecah fruktosa menjadi purin, yaitu zat yang dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh.

4. Emping

Bagi beberapa orang, emping adalah menu pendamping terbaik untuk dikonsumsi, menemani gulai dan lontong sayur selama lebaran.

Baca juga : Berdayakan UMKM, Jaringan Sandi Uno Bagikan Ratusan Takjil Di Jakarta Barat 

Namun di balik kelezatannya, emping dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh, karena memiliki kadar purin yang relatif cukup tinggi.

5. Kacang

Beberapa jenis kacang-kacangan seperti kacang tanah, juga memiliki kandungan purin di dalamnya.

Meski kandungan purinnya terbilang rendah, konsumsi kacang tanah secara berlebihan dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

Karena itu, batasi konsumsi kacang secukupnya selama Lebaran.

6. Seafood

Makanan laut atau seafood seperti udang, kepiting, kerang, dan berbagai jenis seafood lainnya memiliki kandungan purin yang cukup tinggi, dan mampu meningkatkan kadar asam urat.

Karena itu, sebaiknya Anda menghindari asupan seafood selama Lebaran  untuk menghindari peningkatan kadar asam urat dalam tubuh. Terutama, jika Anda memiliki riwayat asam urat.

Baca juga : BTN Siapkan Uang Tunai Rp 25,80 T Untuk Kebutuhan Lebaran

Menjaga Asam Urat

dr. Hady mengingatkan, asam urat bisa meningkat, akibat pola makan yang kurang baik. Karena itu, pada saat Lebaran, Anda mesti menjaga makanan yang dikonsumsi.

Batasi makan-makanan yang bisa meningkatkan asam urat seperti yang telah disebutkan di atas.

"Imbangi asupan cairan dan makanan, dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat untuk menjaga kadar asam urat. Seperti buah-buahan, air putih, susu rendah lemak, sayuran tinggi serat (terung, wortel, tomat), dan teh hijau," papar dr. Hady.

Jangan lupa, untuk selalu mengimbangi menu makanan Lebaran dengan asupan sayur dan buah. Agar kadar asam urat dalam tubuh Anda tak melonjak.

Pasalnya, sayur dan buah relatif memiliki kandungan serat yang berguna untuk mengontrol kadar asam urat dalam tubuh.

Mari jaga kadar asam urat dari sekarang! Jangan biarkan asam urat mengganggu kenyamanan Anda, untuk bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri dan bersilaturahmi dengan orang-orang tercinta.

Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1444 H, mohon maaf lahir dan batin. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.