Dark/Light Mode

Volume Kendaraan Masih Padat, Polri Perpanjang Penerapan One Way Hingga Tengah Malam Nanti

Rabu, 19 April 2023 16:44 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Menhub Budi Karya Sumadi, saat meninjau arus mudik di Bandara Juanda, Jawa Timur, Rabu (19/4). (Foto: Divhumas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Menhub Budi Karya Sumadi, saat meninjau arus mudik di Bandara Juanda, Jawa Timur, Rabu (19/4). (Foto: Divhumas Polri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Polri kembali memperpanjang rekayasa lalu lintas satu arah atau one way arus mudik hingga pukul 24.00 WIB nanti malam. Perpanjangan itu dilakukan lantaran volume kendaraan yang masih padat di ruas jalan tol.

One way diberlakukan mulai dari KM 72 Tol Cipali hingga KM 414 GT Kalikangkung.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, penerapan one way ini dilakukan agar arus kendaraan dari arah barat ke timur berjalan lancar.

"Memang arus pemudik sangat luar biasa. Rekayasa one way harus kita putuskan, supaya arus dari barat ke timur, berjalan lancar," ujar Sigit, saat meninjau arus mudik di Bandara Juanda, Jawa Timur, Rabu (19/4).

Sigit menuturkan, situasi arus mudik untuk saat ini mengalami peningkatan volume kendaraan yang cukup signifikan. Dengan rekayasa lalu lintas tersebut, semuanya bisa berjalan dan tidak terjadi penumpukan.

Baca juga : Tinjau Pelabuhan Tanjung Perak, Kapolri Pastikan Pemudik Dapat Pelayanan Terbaik

"Tentunya situasi pasti padat ya namun secara prinsip dengan adanya rekayasa ini tidak terjadi stuck semuanya bisa berjalan. Kemarin kita tanya rata-rata perjalanannya walaupun padat tapi lancar," tutur Sigit.

Mantan Kabareskrim Polri ini mengatakan, dari hasil pantauan beberapa hari terakhir, arus mudik, baik di darat, laut dan udara, cukup baik.

Namun, Sigit tetap meminta jajarannya untuk selalu siap siaga mengawal dan melayani masyarakat yang akan mudik ke kampung halaman.

"Tentunya seluruh jajaran petugas gabungan siap mengawal dan mengamankan masyarakat yang mau mudik. Mudah-mudahan mudik tahun 2023 bisa terlayani dengan baik," ucap Sigit. 

Untuk para pemudik yang menggunakan sepeda motor, Sigit menuturkan, pihaknya sudah menyiapkan pos-pos, mulai dari pos pengamanan, pelayanan hingga pos terpadu di jalur arteri.

Baca juga : One Way Diperpanjang, Kemungkinan Sampai Tengah Malam Ini

Para pemudik bisa menggunakan fasilitas di pos tersebut jika ingin beristirahat sejenak.

"Tentunya harapan kita khususnya motor melalui jalur arteri, kita ingin jumlah laka lantas tahun ini bisa kita tekan," harapnya.

Mantan Kapolda Banten ini pun tak henti-hentinya mengingatkan masyarakat yang mudik untuk jangan memaksakan melanjutkan perjalanan jika lelah.

Kemudian untuk pemudik yang menggunakan mobil pribadi diimbau agar ada pengemudi cadangan yang bisa menggantikan bila sudah lelah berkendara.

"Istirahat penting agar menjaga stamina sehingga meminimalisir terjadinya kecelakaan," ingat Sigit.

Baca juga : KPK Perpanjang Masa Penahanan Lukas Enembe Hingga 12 Mei

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengucapkan terima kasih kepada Kapolri yang telah mengatur kepadatan arus mudik.

"Terkait kelancaran saya ucapkan terima kasih kepada Kapolri bahwa rekayasa lalu lintas yang menjadi domain beliau dilaksanakan dengan baik. Kalau dilihat dari atas sangat padat tetapi kita tahu kepadatan itu relatif bisa dikendalikan," pujinya, pada kesempatan yang sama. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.