Dark/Light Mode

Kapan Hari Raya Idul Fitri Menurut Kemenag? Tunggu Sidang Isbat, Ini Jadwal Dan Link Live Streamingnya

Kamis, 20 April 2023 11:59 WIB
Sidang Isbat 1 Syawal 1444 H di YouTube Kementerian Agama. (Foto: YouTube Kemenag)
Sidang Isbat 1 Syawal 1444 H di YouTube Kementerian Agama. (Foto: YouTube Kemenag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bagi Anda yang sudah tak sabar menyambut hari raya Idul Fitri bersama keluarga, mungkin sudah bertanya-tanya kapan sidang isbat dilakukan untuk menentukan awal Syawal 1444 Hijriah.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pemerintah menentukan awal Syawal melalui sidang isbat yang dilakukan oleh Kementerian Agama (Kemenag). Nah, bagi Anda yang ingin menyaksikan sidang isbat tersebut secara daring, cek jadwal dan link live streaming sidang isbat lebaran Idul Fitri 2023 di artikel ini.

Tapi jika Anda warga Muhammadiyah, Pimpinan Pusat Muhammadiyah sudah menginformasikan akan merayakan Idul Fitri pada 21 April 2023. Karena Muhammadiyah menggunakan metode hisab, yakni perhitungan secara matematis dan astronomis untuk menentukan posisi bulan dalam menentukan dimulainya awal bulan pada kalender Hijriyah.

Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir yakin bahwa metode hisab akan digunakan secara umum oleh umat Islam di Indonesia, bahkan seluruh dunia.

Sebagaimana penggunaan jam sebagai penanda waktu salat. Haedar meyakini bahwa suatu saat ini umat Islam seluruh dunia akan menerapkan metode hisab wujudul hilal sebagai landasan dalam menentukan waktu-waktu penting ibadah yang lain umat Islam.

Baca juga : Race Digeber Jam 2 Dini Hari Nanti, Ini Jadwal dan Link Streaming MotoGP Amerika Serikat 2023

“Sekarang kita bisa mudah sekali untuk salat dhuhur dan segala macam tanpa harus melihat matahari,” kata Haedar dalam acara Media Gathering yang diselenggarakan di Kantor PP Muhammadiyah.

Sementara pemerintah masih akan terlebih dahulu menggelar sidang isbat (penetapan) awal Syawal 1444 H/2023 M. Sidang isbat akan digelar pada 20 April 2023 di kantor pusat Kementerian Agama, Jakarta.

Sidang isbat dilaksanakan secara tertutup, dan diikuti Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam, serta Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama. 

Pemerintah akan mempertimbangkan hasil perhitungan astronomis (hisab) dan pemantauan hilal (rukyatul hilal) sebelum memutuskan awal Syawal 1444 H.

Meskipun ada kemungkinan terjadinya perbedaan tanggal 1 Syawal 1444 H, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas meminta segenap umat Islam tetap menjaga rasa persatuan.

Baca juga : Jam 3 Sore Ini, PBNU Gelar Rukyatul Hilal, Cek Link Streamingnya Di Sini

“Umat Islam diimbau untuk tetap menjaga ukhuwah Islamiyah dan toleransi dalam menyikapi kemungkinan perbedaan Penetapan 1 Syawal 1444 H/2023 M,” pesan Menag di Jakarta, Rabu (19/4/2023).

Apa itu Sidang Isbat?


Sidang isbat adalah sidang yang diadakan untuk menentukan awal bulan kalender Hijriah. Sidang ini dilakukan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) dan beberapa pihak terkait untuk menentukan awal tanggal Idul Fitri sampai Idul Adha. 

Dalam pelaksanaannya, akan dibahas pemaparan posisi hilal (untuk Ramadan, Idul Fitri, dan Idul Adha), pelaksanaan sidang isbat, dan telekonferensi pers hasil sidang isbat.

Jam Berapa Sidang Isbat Lebaran Idul Fitri 2023?

Baca juga : Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Ramadan Pada 22 Maret

Pelaksanaan sidang isbat Idul Fitri atau awal Syawal umumnya diadakan setiap tanggal 29 Ramadan. Tahun ini, tanggal 29 Ramadan 1444 H bertepatan dengan Kamis, 20 April 2023. Sidang isbat Lebaran Idul Fitri 2023 digelar pada pukul 17.00 WIB sampai selesai di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama, Jakarta.
Link Live Streaming Sidang Isbat Lebaran Idul Fitri 2023

Sidang isbat tahun ini juga digelar secara hybrid atau gabungan daring (online) dan luring (offline). Bagi Anda yang ingin menyaksikan sidang isbat lebaran Idul Fitri 2023 dari rumah, berikut link live streaming-nya:

* Link live streaming sidang isbat Ramadan 2023 via YouTube Kemenag RI (https://www.youtube.com/live/QhjcpHRdDho?feature=share)
* Link live streaming sidang isbat Ramadan 2023 via Fanpage Kemenag RI (https://m.facebook.com/KementerianAgamaRI?wtsid=rdr_017rRtdIYVAIrEHDU)
* Link live streaming sidang isbat Ramadan 2023 via Instagram Kemenag RI (https://www.instagram.com/kemenag_ri/)
* Link live streaming sidang isbat Ramadan 2023 via TVRI Nasional (TV Pool) (https://www.youtube.com/live/2g-mNBpLagQ?feature=share)

Rangkaian Acara Sidang Isbat Lebaran Idul Fitri 2023

Kegiatan sidang isbat lebaran Idul Fitri 2023 terbagi menjadi tiga tahapan, yaitu:
1. Sidang terbuka yang diawali dengan Seminar Pemaparan Posisi Hilal dimulai pukul 17.00 WIB.
2. Sidang tertutup yang melibatkan Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam, serta Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama dimulai pukul 18.15 WIB.
3. Pelaksanaan telekonferensi pers hasil sidang isbat lebaran Idul Fitri  2023 yang akan diumumkan secara terbuka melalui konferensi pers.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.