Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kronologi Kebakaran Trans Studio Makassar, Api Diduga Bermula Dari Foto Booth

Selasa, 25 April 2023 00:09 WIB
Tangkapan layar video kebakaran di Trans Studio Makassar, Senin (24/4). (Foto: Twitter)
Tangkapan layar video kebakaran di Trans Studio Makassar, Senin (24/4). (Foto: Twitter)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah rekaman video detik-detik kebakaran di Trans Studio Mal ini beredar di berbagai platform media sosial. Salah satunya menunjukkan kronologi awal mula api berasal.

Misalnya di Twitter, seperti diunggah oleh akun @Daeng_Info. Dalam video berdurasi 59 detik itu menunjukkan api kecil membakar langit-langit di lokasi foto booth yang dipenuhi bunga kertas lampu kelap-kelip.

Salah seorang pria yang sempat memasuki lokasi foto booth itu terlihat buru-buru keluar. Sementara di sekitar foto booth itu terdengar suara-suara yang meneriakkan kebakaran dan pengunjung lainnya ikut merekam api yang mulai menjalar tersebut. 

"Jangan panik, jangan panik," ucap salah seorang ibu-ibu, di dekat lokasi foto booth itu.

Baca juga : Militer AS Evakuasi Diplomat Dari Khartoum

Dalam waktu singkat, api di lokasi foto booth itu menjalar dengan cepat. Bunga dan berbagai pernak-pernik di langit-langit foto booth yang terbakar juga mulai berjatuhan. Namun, hingga rekaman video selesai belum terlihat petugas yang mencoba memadamkan api.

Di video lainnya, tampak pengunjung berlarian menyelamatkan diri setelah api semakin membesar. Asap juga mengepul tebal di dalam mal.

Di luar mal, sejumlah pengunjung tergeletak di lantai lantaran mengalami sesak nafas.

Diperkirakan api membesar sekitar pukul 18.30 Wita. Armada pemadam kebakaran yang menuju ke lokasi juga sempat terhambat kemacetan. Tapi api berhasil dijinakkan sekitar pukul 19.00 WITA. 

Baca juga : Matikan Listrik, Gas Dan Lapor Ke RT-RW

Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar, ada sekitar 20 pengunjung yang dievakuasi dari dalam gedung yang terbakar, dirujuk langsung ke RS Siloam Makassar.

Pihak Manajemen Trans Studio Mall (TSM) Makassar, membenarkan jika api berawal dari korsleting spot foto di lantai dasar. Kebakaran itu terjadi di dalam area gedung baru Trans Mall Makassar di lantai dua. Sementara aktivitas di mall bagian lama tidak terganggu sama sekali.  

Namun, Direktur Utama Trans Kalla Makassar, Max Kambuan memperkirakan kepanikan pengunjung dipicu oleh kepulan asap tebal dan kobaran api yang cepat membesar lantaran api menjalar di material dekorasi foto booth yang terbuat dari kertas dan mudah terbakar.

Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto alias Danny menegaskan, biaya pengobatan untuk seluruh korban kebakaran Trans Studio Makassar (TSM) ditanggung sepenuhnya oleh Pemerintah.

Baca juga : Santri Dukung Ganjar Berikan Pelatihan Budi Daya Ternak Kambing Di Kota Cilegon

"Soal Biaya, semua ditanggung pemerintah kota. Itu jelas," tegas Danny.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.