Dark/Light Mode

Tips Cegah Kebakaran Dan Kemalingan Saat Mudik

Matikan Listrik, Gas Dan Lapor Ke RT-RW

Rabu, 19 April 2023 07:30 WIB
Ilustrasi. (Foto: Antara).
Ilustrasi. (Foto: Antara).

RM.id  Rakyat Merdeka - Polda Metro Jaya menerima layanan titip rumah untuk mencegah pencurian di rumah warga yang kosong karena ditinggal mudik Lebaran. Kegiatan ini digelar dengan memberdayakan Siskamling.

Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta Satriadi Gunawan memberikan tips untuk mencegah kebakaran dan pencurian yang kerap terjadi saat libur Idul Fitri.

“Lepas regulator dari tabung gas, cabut steker dari stop kontak, laporkan kepergian mudik kepada pengurus Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW),” ujar Satriadi di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Naik Heli, Kapolri Pantau Langsung Arus Mudik Di Jalan Tol Dan Arteri

Selain itu, titipkan kunci rumah dan hewan peliharaan kepada orang yang dipercaya, hindari penggunaan alat elektronik yang membutuhkan listrik secara berlebihan, hindari penggunaan steker bertumpuk dan gunakan peralatan listrik sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI).

Satriadi melaporkan, musibah kebakaran selama bulan Ramadan (periode 23 Maret-17 April 2023, hingga pukul 02.00 WIB, di wilayah DKI Jakarta tercatat 124 kejadian. Untuk mencegah kebakaran terjadi lagi, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk senatiasa waspada dan menerapkan langkah-langkah pencegahan.

Satriadi mengatakan, Bangunan Perumahan (BP) menjadi objek yang paling banyak mengalami kebakaran dengan dugaan penyebab korsleting listrik. Selain itu, penyebab kebakaran lainnya, kebocoran instalasi gas dan aktivitas membakar sampah yang merembet ke bangunan dan kendaraan.

Baca juga : Berbagi Kebahagiaan di Bulan Ramadhan, Havaianas Bagikan 300 Sandal dan Sembako

Bagi warga Jakarta yang memerlukan bantuan petugas pemadaman kebakaran (Damkar) dapat menghubungi Jakarta Siaga 112 (bebas pulsa) atau datang langsung ke Pos Sektor Dinas Gulkarmat di wilayah terdekat jika mengalami atau melihat kondisi darurat.

Layani Penitipan Rumah

Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya tidak hanya menyediakan penitipan kendaraan bermotor tapi juga rumah kosong yang ditinggal mudik Lebaran. Layanan penitipan rumah kosong diberikan untuk memberi keamanan dan kenyamanan dalam mengantisipasi kejahatan di wilayah hukum Polda Metro Jaya pada saat libur Idul Fitri 1444/2023.

Baca juga : Pertamina Sudah Tambah CCTV Dan Penangkal Petir

“Kita siapkan skema penitipan rumah, kendaraan dan barang berharga. Semua layanan gratis,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko kepada awak media, Senin (17/4).

Trunoyudo menuturkan, dalam pengamanan rumah kosong, polisi akan mengoptimalkan peran Polisi RW bersama Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan pengelola keamanan lingkungan sekitar. Dalam mengamankan rumah kosong, pihaknya akan memberdayakan Siskamling (Sistem Keamanan Lingkungan) yang sudah ada di pemukiman.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.