Dark/Light Mode

Ganjaran Buruh Berjuang Perluas Dukungan Untuk Ganjar Sampai Ke Malaysia

Selasa, 25 April 2023 09:34 WIB
GBB turut mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar bersama ratusan pekerja asal Indonesia yang ada di Malaysia. Dalam deklarasi tersebut juga diadakan penandatanganan pernyataan dukungan dari TKI terhadap Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI 2024. (Foto: Ist)
GBB turut mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar bersama ratusan pekerja asal Indonesia yang ada di Malaysia. Dalam deklarasi tersebut juga diadakan penandatanganan pernyataan dukungan dari TKI terhadap Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI 2024. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) terus memperluas dukungan untuk Ganjar Pranowo untuk bisa menjadi Presiden Indonesia pada 2024.

Setelah dua hari pasca pengusungan sebagai capres 2024 oleh PDIP, GBB turut mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar bersama ratusan pekerja asal Indonesia yang ada di Malaysia.

Dalam deklarasi tersebut juga diadakan penandatanganan pernyataan dukungan dari TKI terhadap Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI 2024. 

Ketua Umum GBB Lukman Hakim mengatakan deklarasi dilakukan di permukiman yang berada di tengah-tengah perkebunan dan bertepatan dengan H+2 Lebaran.

Para pekerja perkebunan yang tidak sempat untuk mudik merayakan Lebaran tahun ini di bawaah jaringan GBB yang ada di Malaysia menyatakan kebulatan tekad untuk mendukung dan memenangkan Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI 2024.

Menurut Lukman, ratusan peserta berdatangan satu per satu ataupun bergerombol dari ladang-ladang sekitar misalnya dari Ladang Bukit Payong, Ladang Rumpin, Ladang Bebar, Ladang Merchong, Ladang Laerun, dan Ladang Gambang. 

Baca juga : Ganjar Center Siap Perjuangkan Kemenangan Ganjar Di Pilpres 2024

Lukman menyatakan GBB di Malaysia adalah momentum pendeklarasian GBB Luar Negeri untuk memperluas dukungan dari kalangan buruh migran Indonesia (BMI) atau tenaga kerja berbagai negara.  

"Kehadiran GBB di sini adalah momentum deklarasi GBB Luar Negeri untuk memperluas dukungan dari kalangan buruh migran di berbagai negara, dan sekaligus memperluas struktur pemenangan pak Ganjar,” ujar Lukman.

Lebih lanjut Lukman mengatakan bahwa dukungan dari BMI tidak boleh lepas dari pengggalangan dukungan di kampung halaman asal BMI. 

Oleh karena itu GBB juga akan memperluas jangkauannya ke kampung BMI dengan program-program ekonomi misalnya melalui Warung Ganjaran. 

Sementara Sekretaris Jenderal GBB, Kelik Ismunanto menjelaskan visi GBB yaitu program jangka panjang untuk meningkatkan kesejahteraan buruh migran dan keluarganya. 

Dengan memenangkan Ganjar Pranowo, lanjut Kelik, buruh migran akan berkesempatan merubah nasib jadi lebih sejahtera. 

Baca juga : Bandara Komodo Layani Penerbangan Internasional Selama KTT ASEAN

Dalam kesempatan itu Kelik juga menerangkan bahwa melalui pembentukan Komisi Naisonal Hubungan Industrial GBB akan mendorong pemerintahan Ganjar Pranowo untuk membuat kebijakan yang bisa mensejahterakan buruh migran. 

"Kami, GBB akan menyerukan pembentukan Komnas HI pada masa pemerintahan Pak Ganjar untuk membuat kebijakan yang bisa menyejahterakan buruh migran,” ujar Kelik.

Dia pun meminta dukungan dan doa restu untuk agenda Musyawarah Akbar Buruh Indônesia (MABI) pada tanggal 28 Mei mendatang. 

Setelah sambutan dari pengurus pusat GBB, acara dilanjutkan dengan pembacaan dan penandatanganan pernyataan dukungan BMi untuk Ganjar Pranowo yang diwakili oleh dua perwakilannya yaitu Ony Silantara dan Samsudin. 

"Kami yakin akan sepak terjang dan kerja keras beliau (Ganjar Pranowo) selama menjabat sebagai Gubernur Jateng dua periode. Tak ada gejolak buruh yahg berarti selama kepemimpinan beliau,” kata Ony.

“Kami berharap Pak Ganjar bisa memperhatikan nasib kami, nasib para buruh migran,” sambung dia.

Baca juga : Garuda Perkenalkan Produk Eksklusif Wardah & Kahf Ke Calon Jemaah Haji-Umrah

Sementara itu Samsudin yang mendampingi Ony menyatakan tekadnya untuk memenangkan Ganjar Pranowo di Malaysia khususnya di Kuala Pahang dan sekitarnya. 

Kedua BMI ini sudah bekerja di Malaysia lebih dari lima tahun berasal dari Lombok. Keduanya sangat antusias atas kehadiran GBB luar negeri khususnya di Malaysia apalagi dalam hal mendukung Ganjar Pranowo. 

"Dengan kehadiran GBB kami yakin akan dapat memperluas dukungan dan pemenangan Pak Ganjar di daerah-daerah lain di Malaysia" ujar Samsudin.

Setelah proses selesai agenda dilanjutkan dengan ramah tamah dan foto bersama.

"Kami, atas nama GBB melihat masih banyak anak-anak muda di bawah saya yang hadir di sini. Saya sangat apresiatif atas kerja keras, berani ambil resiko jauh dari keluarga dan kampung halaman demi perubahan nasib,” kata dia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.