Dark/Light Mode

Transformasi Polri Bisa Dirasakan Masyarakat

Rabu, 19 April 2023 09:41 WIB
Direktur Indonesia Government and Parliament Watch (IGPW), M. Huda Prayoga. (Foto: Ist)
Direktur Indonesia Government and Parliament Watch (IGPW), M. Huda Prayoga. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Indonesia Government and Parliament Watch (IGPW), M. Huda Prayoga angkat topi atas capaian Kapolri Listyo Sigit Prabowo yang disampaikan saat rapat dengan Komisi III DPR di Senayan. Perubahan di internal Polri dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Saya angkat topi dengan capaian- capaian yang disampaikan Kapolri saat rapat dengan Komisi III DPR di Senayan. Capaian- capaian transformasi Polri tampak nyata bisa dilihat langsung dan dirasakan sendiri oleh masyarakat,” katanya di Jakarta.

Dia menerangkan, ada lima aspek perubahan yang dilakukan Kapolri secara internal. Pertama, peningkatan pelayanan masyarakat, baik dari segi pelayanan yang bersifat administratif maupun pelayanan terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Kedua, peningkatan kedisiplinan personel Polri,” terangnya. 

Baca juga : Mahfud: Polisi Sudah Oke, KAI Top, Tinggal Kerja Sama Masyarakat...

Kemudian, Huda menerangkan, aspek ketiga adalah peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) Polri. Keempat, peningkatan dan penguatan struktur organisasi Polri.

“Kelima, peningkatan kewaspadaan Polri dengan melakukan upaya-upaya preventif terhadap potensi polarisasi negatif antarmasyarakat khususnya di tahun politik,” jelasnya. 

“Capaian transformasi ini menunjukkan Kapolri Sigit memiliki kepekaan dan mampu menyerap dengan baik aspirasi, keluhan serta kritik terhadap instansi Polri yang berkembang di tengah masyarakat. Sehingga tidak mengherankan jika tren kepercayaan masyarakat terhadap Polri terus mengalami peningkatan,” tutup Huda.

Capaian Kapolri

Baca juga : Mudik Aman Dan Nyaman, Ini Pesan Kapolri Untuk Masyarakat

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah menyebutkan sejumlah capaian yang berhasil dilakukan untuk mentransformasi Polri. Capaian itu disampaikan saat rapat kerja dengan Komisi III DPR RI.

"Terkait dengan transformasi pelayanan publik. kami berusaha melakukan perbaikan-perbaikan, contohnya pada saat kami menerima keluhan masyarakat terkait dengan masalah ujian surat izin mengemudi (SIM)," kata Sigi saat rapat di gedung MPR/DPR, Jakarta, Rabu (12/4).

"Kami membuat terobosan dengan memperbolehkan ujian praktik SIM dilaksanakan dua kali, yang tadinya hanya satu kali, dan kemudian kami menyiapkan pelatihan bagi calon peserta yang akan melaksanakan ujian SIM sehingga pada saat melaksanakan ujian betul-betul sudah siap," lanjutnya.

Selain itu, Sigit mengatakan pihaknya juga telah menyiapkan pengamanan dengan menerjunkan 148.884 personel Polri untuk mengawal mudik Idul Fitri 2023. Dimana, langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik tahun ini yang mencapai 123 juta orang.

Baca juga : Demokrat Jakarta Minta Kader Kawal Suara Rakyat

"Dalam waktu dekat ini kita hadapi adalah mudik Idul Fitri yang dari hasil survei Kemenhub jumlahnya bertambah dari yang awalnya 86 juta menjadi 123 juta. Sehingga tentunya ini juga menjadi perhatian khusus kami," katanya.

"Sehingga kami melibatkan 148.884 personel yang akan kami turunkan untuk laksanakan operasi ini. Karena apabila kami tidak melaksanakan secara optimal potensi terjadinya kemacetan yang luar biasa tentunya akan terjadi," tambahnya.

Selain itu, Sigit juga menjabarkan capaian transformasi juga dilakukan untuk organisasi k Mabes Polri. Salah satunya  penguatan struktur dan penguatan personel yang dilakukan saat zamannya.

"Pada Transformasi Organisasi, kami telah melakukan penguatan struktur Korbrimob Polri, Pusdokkes Polri dan berbagai Satuan Kewilayahan lainnya. Penguatan struktur ini merupakan sebuah upaya guna meningkatkan pelayanan kepolisian, serta juga di satu sisi diharapkan mampu meningkatkan kerja sama antar lembaga maupun antar pimpinannya, baik kerja sama dalam negeri maupun luar negeri," kata Sigit.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.