Dark/Light Mode

Pengamat: Hadi Tjahjanto Jadi Opsi Cawapres Tokoh Militer Pendamping Ganjar

Rabu, 26 April 2023 06:20 WIB
Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto saat memberikan sertipikat tanah kepada warga. (Foto: Ist)
Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto saat memberikan sertipikat tanah kepada warga. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Analis Komunikasi Politik Universitas Padjadjaran, Kunto Adi Wibowo menilai, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto bisa menjadi opsi cawapres Ganjar Pranowo dari tokoh militer. Menurutnya, Hadi punya prestasi bagus dan dekat dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Menurut saya kalau opsi tokoh militer lain ada untuk mendampingi Pak Ganjar, ya Pak Hadi Tjahjanto sebagai mantan Panglima itu juga sekarang di Kementerian ATR/BPN menurut saya prestasinya juga oke dan orang dekatnya Pak Jokowi juga," kata Kunto saat dihubungi wartawan, Selasa (25/4).

Baca juga : Pengamat: Jokowi Tak Rekomendasikan Prabowo Jadi Cawapres

Namun, Hadi punya pekerjaan rumah jika ingin dipertimbangkan jadi cawapres Ganjar. Kunto menjelaskan, Hadi harus bisa membawa partai politik lain untuk berkoalisi dengan PDIP untuk menjadi daya tawar.

"Ini kemudian bisa membawa partai lain untuk masuk ke koalisinya PDIP dan itu memperkuat koalisi ya, sangat oke sekali, dan menurut saya peluangnya jadi besar," kata Kunto.

Baca juga : Pengamat: Prabowo Bacawapres Paling Kuat Buat Ganjar Secara Elektoral

Menurutnya, PDIP juga tak ingin berjalan sendirian meski bisa mengusung capres tanpa berkoalisi. Kunto menyebut, kerja sama parpol adalah hal yang penting untuk pilpres 2024.

"Jadi menurut saya problemnya bukan militer ansih, tapi problemnya bagaimana seperti kata bu Megawati semangat gotong royongnya itu, jadi gak mau menang pemilu sendirian PDIP maunya berkoalisi, dan koalisinya kalau bisa mayoritas di DPR," tuturnya.

Baca juga : Jokowi Diprediksi Bakal Lobi Prabowo Jadi Cawapres Ganjar

Selain Hadi, Kunto menambahkan, ada nama mantan Panglima TNI Andika Perkasa yang bisa menjadi cawapres alternatif dari militer. Menurutnya, Andika juga punya kedekatan dengan Jokowi.

"Pak Andika Perkasa yang juga mantan Panglima, beliau juga punya kedekatan dengan PDI dengan Pak Jokowi jadi menurut saya dua nama itu bisa jadi alternatif dari militer," tutupnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.