Dark/Light Mode

Diusulkan PBNU

Terkuat, Erick Cawapres Ganjar

Kamis, 27 April 2023 08:41 WIB
Ganjar Pranowo bersama Erick Thohir. (Foto: Instagram)
Ganjar Pranowo bersama Erick Thohir. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekjen Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul menyebut ada sejumlah tokoh NU yang dianggap cocok sebagai cawapres mendampingi Ganjar Pranowo. Salah satu yang terkuat adalah Erick Thohir

Hal tersebut disampaikan Gus Ipul merespons pernyataan Ketua Umum GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas terkait sejumlah tokoh NU yang pas menjadi cawapres. Gus Ipul mengakui, banyak warga NU menginginkan Erick menjadi cawapres. "Itu bisa dilihat dari hasil survei yang kita baca," ujar Gus Ipul, kemarin. 

Mantan Wakil Gubernur Jawa Timur ini mengatakan, ada sejumlah alasan kenapa warga NU menginginkan Erick. Pertama, Erick yang menjadi Steering Committe 1 Abad NU dinilai berhasil merangkai acara tersebut dengan meriah.

"Sehingga menjadikan banyak warga maupun tokoh-tokoh NU menginginkan Erick Thohir bisa mendampingi Pak Ganjar, dan ditawarkan ke publik," ucap dia.

Menurut Gus Ipul, Ganjar-Erick merupakan pasangan ideal yang bisa ditawarkan ke publik dalam Pemilihan Presiden 2024 mendatang.

Baca juga : Sekber Jokowi Nusantara: Erick Thohir, Cawapres Idaman Ganjar

"Ganjar dengan pengalaman birokrasinya yang telah dua periode memimpin Jawa Tengah dipadukan dengan Erick yang merupakan tokoh muda yang memiliki visi kuat, sangat cocok," ucap dia.

Namun, tidak hanya Erick, politikus PDIP ini juga menyebut dua tokoh NU lain yang dinilai pas menjadi cawapres Ganjar. Dua tokoh tersebut adalah Menko Polhukam Mahfud MD dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Sebelumnya, Yaqut menyebut ada empat sosok yang dapat menjadi cawapres Ganjar. Empat nama itu adalah Erick, Mahfud MD, Sandiaga Uno, dan  Ridwan Kamil.  

Kenapa Erick? Kata Yaqut, Erick merupakan kader Banser yang dapat mengemban beberapa tugas besar negara dengan sangat baik, berkolaborasi dengan banyak pihak dan bervisi luas. 

"Saya meyakini betul bahwa Pak Erick ini memiliki kemampuan terutama manajerial dan kemampuan dalam membuat terobosan ekonomi yang penting bagi bangsa ini dan sudah teruji beberapa kali keluar dari situasi sulit dan bisa landing dengan smooth," ujar Yaqut.

Baca juga : Prabowo Dinilai Cawapres Paling Ideal Untuk Ganjar

Selain Erick, ada juga Mahfud MD yang disebut sebagai kader NU tulen. Mahfud juga dikenal sebagai orang yang sangat tegas dan berani, figur yang sangat dibutuhkan oleh negeri ini di masa-masa yang tidak mudah. 

“Bukan hanya Indonesia, saya kira semua negara di dunia juga mengalami situasi yang tidak mudah dan figur Pak Mahfud MD ini penting dan cocok menjadi salah satu sumber solusi," ujar Yaqut.

Lebih lanjut, tokoh berikutnya yang dia nilai layak mendampingi Ganjar yaitu Sandiaga Uno. Menurutnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) ini merupakan pengusaha sukses yang berpengalaman.

Pengamat Politik Universitas Brawijaya Faishal Aminuddin angkat bicara soal tokoh yang paling tepat mendampingi Ganjar. Kata dia, pasangan yang secara elektoral berpeluang besar memaksimalkan suara untuk Ganjar berasal dari lingkungan NU. 

"NU dan kelompok Nasionalis selalu beriringan. Sejarah panjang negeri ini selalu begitu. Sejalan antara NU dan Nasionalis atau Soekarnois,” kata Faishal, ketika dikonfirmasi wartawan, kemarin. 

Baca juga : Jokowi Diprediksi Bakal Lobi Prabowo Jadi Cawapres Ganjar

Dari kalangan NU, ada banyak stok tokoh yang setidaknya bisa mendampingi Ganjar Pranowo. Di antaranya Erick Thohir, Mahfud MD, dan Khofifah Indar Parawansa. Mereka semua sudah teruji dalam kapasitas profesionalitas kerja dan memiliki segmentasi dukungan.

Dari sejumlah nama ini, Faishal menilai, Erick paling berpeluang didukung PBNU. Secara kultural, Erick adalah NU. Selain itu, statusnya sebagai Banser NU, juga menjadi daya tarik.

"Apalagi, di berbagai kesempatan, Erick Thohir sangat dekat dengan PBNU. Bahkan, gawe besar Puncak Harlah 1 Abad NU kemarin diserahkan sepenuhnya kepada Erick Thohir," kata Faishal.

Faishal yang juga menjadi Wakil Ketua Lembaga Pendidikan Tinggi PBNU ini mengatakan, fakta bahwa PBNU saat ini meng-endorse Erick, tak bisa dipungkiri. Karena itu, jika Ganjar dan PDIP ingin mendapatkan dukungan penuh dari PBNU, maka pilihannya adalah Erick. Meski tidak menutup kemungkinan, Mahfud MD dan Khofifah juga berpeluang didukung PBNU.

"Secara kelembagaan, PBNU memang tidak mungkin memberikan dukungan. Tetapi, pengurus-pengurus PBNU lebih dekat dengan Erick Thohir. Ini tidak bisa dipungkiri,” jelas doktor ilmu politik dari Jerman ini.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.