Dark/Light Mode

Bisa Jadi Pasangan Terkuat di Pilpres 2024

Prabowo Dinilai Cawapres Paling Ideal Untuk Ganjar

Senin, 24 April 2023 15:16 WIB
Menhan Prabowo Subianto (Foto: Ist)
Menhan Prabowo Subianto (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dinilai merupakan calon wakil presiden (cawapres) yang paling ideal bagi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dalam Pilpres 2024.

Menurut Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya, Prabowo sangat kuat secara elektoral dan mampu mendampingi Ganjar dengan baik.

“Paling ideal kalau berbicara calon wakil presiden yang secara elektoral akan memungkinkan pasangan ini sangat kuat adalah Pak Prabowo sendiri,” ujar Yunarto kepada wartawan, Senin (24/4).

Baca juga : Pengamat: Prabowo Bacawapres Paling Kuat Buat Ganjar Secara Elektoral

Hasil survei capres Lembaga Saiful Mujani Research and Consulting menunjukkan, Ganjar Pranowo mendapat dukungan tertinggi dengan 26,8 persen suara, diikuti oleh Prabowo Subianto dengan 25,4 persen suara.

Menurut Yunarto, duet Ganjar-Prabowo akan semakin kuat jika terwujud karena keduanya adalah simbol kalangan nasionalis dan diendorse oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk berbicara keberlanjutan.

“Dua-duanya ini kan peringkat satu dan peringkat dua. Dua-duanya simbol kalangan nasionalis juga dan kebetulan kami lihat dua-duanya ini yang menjadi simbol sosok yang diendorse oleh Pak Jokowi untuk berbicara keberlanjutan,” tuturnya.

Baca juga : Jokowi Diprediksi Bakal Lobi Prabowo Jadi Cawapres Ganjar

Yunarto menekankan pentingnya menurunkan ego dari masing-masing elit partai, baik dari PDIP yang mengusung Ganjar sebagai bacapres maupun Gerindra yang dipimpin oleh Prabowo.

Dia berharap, partai-partai politik dapat berpikir realistis dan mendukung pasangan yang memiliki elektabilitas tertinggi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga menyebut, Prabowo merupakan salah tokoh potensial untuk menjadi cawapres bagi Ganjar Pranowo.

Baca juga : Basis NU Jadi Incaran Para Capres, Qodari Ungkap Peluang Duet Ganjar-Maruf Amin

Dengan dukungan dari PDIP dan Gerindra, pasangan Ganjar-Prabowo diyakini akan menjadi salah satu pasangan yang kuat pada Pilpres 2024. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.