Dark/Light Mode

Kembali Juara 1 Survei Capres

Ganjar Rebound

Rabu, 19 April 2023 08:00 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dukungan publik terhadap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang sempat turun gara-gara dibatalkannya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20, kembali menguat. Dalam survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang teranyar, Ganjar kembali juara 1 dalam survei capres. Ganjar pun berhasil rebound.

Survei SMRC ini digelar pada 11-14 April 2023 dengan mewawancarai 1.216 responden yang dipilih dengan metode random digit dialing (RDD) atau proses pembangkitan nomor telepon secara acak. Margin of error survei diperkirakan plus minus 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Apa hasilnya? Peneliti SMRC, Saidiman Ahmad memaparkan, dalam simulasi top of mind, Ganjar mendapatkan dukungan 16,5 persen, ditempel Prabowo Subianto yang berada di posisi kedua dengan 16,3 persen.

Baca juga : Cawapres Anies Di Tangan Dewa-dewa

Urutan selanjutnya ditempati Anies Baswedan 9,8 persen, dan Ridwan Kamil 1,6 persen. Nama-nama lain di bawah 1 persen. Dalam format ini, masih ada 42,2 persen yang belum menjawab.

Dalam simulasi 6 nama, Ganjar tetap memimpin dengan perolehan suara 26,8 persen. Disusul Prabowo 25,4 persen dan Anies 16,7 persen. Di posisi keempat ada Ridwan Kamil 13,8 persen, dan Mahfud MD 4,1 persen. Dalam simulasi 6 nama ini, masih ada 11,1 persen pemilih yang belum menjawab.

“Secara keseluruhan, suara Ganjar yang sempat turun mulai kembali menguat. Dukungan publik pada Ganjar mulai pulih. Ganjar berhasil rebound,” kata Saidiman, saat dikontak Rakyat Merdeka, tadi malam.

Baca juga : Kembali Blusukan Bareng, Jokowi-Ganjar Tetap Mesra

Saidiman menjelaskan, hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) dan SMRC sebenarnya sama. Kedua lembaga sama-sama melakukan survei melalui telepon. Hasilnya pun kurang lebih sama. Di pekan pertama bulan April atau seminggu setelah pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20, elektabilitas Ganjar memang mengalami penurunan. Di minggu kedua, SMRC kemudian melakukan survei lagi. Di pekan kedua ini, elektabilitas Ganjar ternyata naik lagi.

“Jadi bulan Maret elektabilitas Ganjar itu 16,3 persen di top of mind. Kemudian seminggu kemudian turun di 13 persen. Lalu, di Minggu kedua April naik lagi ke posisi semula 16,5 persen. Di minggu kedua ini Ganjar rebound,” paparnya.

Kenapa elektabilitas Ganjar kem bali menguat? Saidiman bilang, alasan nya bisa bermacam-macam. Ada kemungkinan di minggu pertama itu orang masih euforia, masih sangat kesal dengan pembatalan piala dunia. Sementara saat itu belum ada penjelasan dari Ganjar. Tapi kemudian Ganjar mulai mencoba menjelaskan posisi sebenarnya. Penjelasan itu menjadi lebih clear, karena ada persoalan keamanan, ada persoalan ketaatan konstitusi dan sebagainya. Ganjar juga datang menemui para pemain Timnas U-20. “Mungkin publik sudah menerima penjelasan-penjelasan itu walaupun mereka tetap kecewa dengan pembatalan tersebut, tapi alasan-alasan itu mulai bisa dijelaskan,” kata Saidiman.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.