Dark/Light Mode

Pasang Foto Bareng Ganjar

Puan Bicara Perjuangan

Sabtu, 29 April 2023 08:00 WIB
(Foto: Instagram @puanmaharaniri)
(Foto: Instagram @puanmaharaniri)

 Sebelumnya 
Apa kata pengamat soal dukungan Puan untuk Ganjar itu? Direktur Lem­baga Kajian Politik Nusakom, Pratama Ari Junaedi mengatakan, sikap Puan ini menunjukkan dia all out memenangkan Ganjar seperti arahan Mega.

Kata dia, apa yang ditunjukkan Puan ini memperlihatkan sudah tidak ada rivalitas dan persaingan antar faksi di tubuh partai berlambang kepala banteng moncong putih itu. Puan dianggap sudah menerima Ganjar sebagai capres PDIP dan menyatakan siap menjadi komandan tim pemenangannya sekalipun Puan juga banyak mendapat dukungan untuk maju sebagai capres. "Sikap Puan ini penanda soliditas di tubuh PDIP," sebut Ari.

Baca juga : Ingatkan Bahaya DBD, Relawan Ganjar Gelar Fogging Di Tangerang

Ari mengatakan, keputusan Mega menunjuk Puan sebagai Ketua Tim Pemenangan Ganjar sebagai langkah yang tepat. Kata dia, kemampuan Puan komandan tempur sudah teruji. Puan sudah berhasil memenangkan Ganjar dalam dua kali Pilgub Jateng yaitu di Pilgub 2013 dan 2018.

"Kerja-kerja politik Puan tidak bisa dipandang enteng. Dua kali memenangkan Ganjar di Pilgub Jateng tidak kalah dasyatnya," kata Ari.

Baca juga : Menpora Dito Banggakan Tradisi Pacuan Kuda Rakyat Kebumen

Selain menjadi komandan tim pemenangan Ganjar di Pilpres, Puan juga mendapat tugas pemenangan PDIP di Pileg 2024. Ari menilai, Puan memiliki kapasitas untuk mengem­ban tugas tersebut. Di Pemilu 2019, Puan meraih suara terbanyak di tingkat nasional dengan meraup 404.034 suara di Daerah Pemilihan Jawa Tengah V, yang meliputi daerah Klaten, Sukoha­rjo, Boyolali, dan Kota Surakarta.

Puan juga berhasil membawa PDIP menjadi partai pemenang Pemilu 2014. Pada Pileg 2014, PDIP berada di urutan pertama dengan perolehan sebesar 23.681.471 atau 18,95 persen suara saat Puan bertugas sebagai Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu). Padahal di Pemilu 2009, PDIP berada di posisi ketiga. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.