Dark/Light Mode

Kesibukan Capres Di Akhir Pekan

Ganjar Ke Timur, Prabowo Ke Barat

Minggu, 30 April 2023 09:20 WIB
Prabowo Subianto dan Ganjar Prabowo. (Foto: Ist)
Prabowo Subianto dan Ganjar Prabowo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Libur panjang di akhir pekan ini sama-sama dimanfaatkan dua bakal capres; Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto untuk menyapa pendukungnya. Ganjar memilih terbang ke Makassar, wilayah Timur Indonesia. Sedangkan Prabowo bergerak ke wilayah barat, tepatnya ke Sumatera Barat. 

Usai dideklarasikan PDIP sebagai bakal capres, Ganjar makin rajin ke luar kandang. Sejak Jumat (28/4), Gubernur Jawa Tengah itu telah terbang ke Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Agenda utamanya adalah menghadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-27 Tahun 2023 yang jatuh pada, Sabtu (29/4). Selain kegiatan resmi, Ganjar memanfaatkan kehadirannya di Makassar untuk menyambangi Sekretariat DPD PDIP Sulsel di Jalan Gunung Bawakaraeng, Makassar, Jumat (28/4) malam. 

Kata Ganjar, silaturahmi ini merupakan agenda politik pertamanya. Banyak hal yang dibicarakan dalam pertemuan tersebut. Salah satunya, membahas pemenangan Pilpres 2024. "Bisa bercerita banyak. Ngobrol, makan bersama, saling memberikan semangat dan menguatkan untuk persiapan dalam menghadapi Pemilu nanti di 2024," tuturnya.

Baca juga : PAN Merasa Ganjar Cocok Sama Erick

Ia punya kesan tersendiri mengenai Sulsel, khususnya Makassar. Apalagi dirinya pernah diberi gelar kehormatan Daeng Manaba. "Makanya pengen terus kembali ke Sulawesi Selatan. Luar biasa. Kalau ke Makassar selalu merasa semangat. Ewako," cetus Gubernur Jawa Tengah itu.

Sebagai capres PDIP, Ganjar mendapat amanah untuk bisa memenangkan Pemilu. "Tugas ini, tugas bersama kita. Harus hattrick, wajib menang. Pileg, termasuk eksekutif dan kalau kemudian kita menangkan hattrick. Maka kesempatan kita meneruskan program Pak Jokowi dan mewujukan cita-cita yang belum tuntas," imbuhnya.

Keesokan harinya, Ganjar mengikuti Peringatan Hari Otda ke-27 di Anjungan Pantai Losari, Makassar. Upacara peringatan Hari Otda ini dipimpin Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan dihadiri sejumlah kepala daerah se-Indonesia.

Baca juga : Basarah Pimpin Desk Khusus Kerja Sama Relawan

Provinsi Jawa Tengah menerima penghargaan sebagai provinsi dengan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Terbaik Nasional. Penghargaan itu diberikan Tito kepada Ganjar. 

Saat upacara berlangsung, warga meneriakkan yel-yel bagi Ganjar. "Hidup Pak Ganjar, hidup Pak Ganjar, Presiden 2024," teriak, warga di sekitar Anjungan Pantai Losari. Mendengar yel-yel tersebut, Ganjar membalasnya dengan senyum dan lambaian tangan ke arah warga.

Sementara itu, kemarin Prabowo memanfaatkan momen akhir pekan untuk berkunjung ke Sumatera Barat. Menteri Pertahanan itu telah ditunggu massa dan simpatisannya di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Kabupaten Padang Pariaman, Sabtu (29/4). Tak bedanya dengan Ganjar, Prabowo juga diteriaki Presiden oleh pendukungnya.

Baca juga : Pilpres 2024, Dukungan Ganjar Presiden Makin Kuat

Prabowo sempat menyapa para pendukungnya di terminal kedatangan domestik. Ia juga menyalami massa yang berdesakan di dalam bandara. Di luar bandara, ribuan orang telah menanti untuk mengiringi rombongan. "Terima kasih. Terima kasih," kata Prabowo, menyapa simpatisannya. 

Dari BIM, Prabowo dan rombongan dikawal menuju Lapangan Udara Tabing Padang. Seperti halnya 2019 silam, Prabowo mendapatkan arak-arakan pendukungannya dari BIM hingga ke Danau Cimpago Purus.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.